Jenis Kelapa yang Ajaib, Segera Minum Jika Menemukannya

Senin, 22 Juni 2020 - 00:14 WIB
loading...
Jenis Kelapa yang Ajaib, Segera Minum Jika Menemukannya
Kamu pernah menemukan kelapa muda yang memiliki warna hijau dengan tampuk atau serat bagian ujungnya berwarna merah mudah agak keunguan? Foto : SINDOnews/Doc
A A A
MAKASSAR - Kamu pernah menemukan kelapa muda yang memiliki warna hijau dengan tampuk atau serat bagian ujungnya berwarna merah mudah agak keunguan? Di daerah Jawa, kepala jenis ini disebut dengan Dengan Wulung yang artinya kelapa ungu.

Dengan Wulung sudah sejak lama dipercaya ampuh menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari penyakit medis hingga sejumlah penyakit non medis. Meski berkhasiat, Dengan Wulung tidak seperti jenis kepala lainnya yang mudah dibudidakan. Baca : Jarang Lirik, Faktanya Ubi Jalar Ampuh Cegah Virus dan Diabetes

Dengan Wulung sendiri sangat sulit dibudidayakan karena hama pohon kelapa atau waung sangat senang menyerang jenis pohon kelapa ini. Adapun sejumlah manfaat Dengan Wulung untuk kesehatan manusia diantaranya, penawar racun, demam, mengatur kadar gula, menurunkan berat badan hingga sejumlah masalah kecantikan lainnya.

Kandungan Kelapa Ungu
1. Mengandung Antioksidan
Air kelapa wulung mengandung banyak antioksidan, yang membantu mencegah kerusakan pada tubuh kita yang disebabkan oleh radikal bebas. Radikal bebas dihasilkan oleh metabolisme kamu sendiri, jadi tidak ada cara lain untuk menetralisir kerusakan, kecuali memastikan kamu cukup mengkonsumsi antioksidan dalam makananmu. Dan mengkonsumsi air kelapa wulung dapat membantumu.

2. Kandungan Potassium
Potassium adalah mineral vital dalam tubuhmu. kamu perlu cukup mengkonsumsinya jika ingin otak dan sistem sarafmu berfungsi dengan baik. Air kelapa wulung dapat membantu menyediakan sejumlah potasium yang sangat dibutuhkan. Satu porsi air kelapa wulung menyumbang sekitar 13% kebutuhan potassium harian manusia.

3. Kandungan Magnesium
Magnesium adalah komponen penting yang kita butuhkan dari makanan kita, namun hanya 32% orang yang mengkonsumsi cukup magnesium. Kekurangan magnesium dalam tubuh bisa menyebabkan kekurangan energi bahkan menyebabkan gangguan kesehatan serius seperti asma, diabetes dan osteoporosis. Penyajian air kelapa menjaga sekitar 14% kebutuhan magnesium harianmu tercukupi.

4. Mengandungan Tembaga
Tanpa tembaga, organ dan metabolismemu tidak bisa bekerja seperti mesin yang diminyaki dengan baik. Satu porsi air kelapa akan menyediakan sekitar 11% kebutuhan tembaga harianmu. Baca Juga : Bagian Tubuh Anak Ini Tak Boleh Kena Pukulan, Bisa Kejang Hingga Buta

5. Kandungan Sitokinin
Sitokinin jarang ditemukan pada bahan makanan lain, namun nutrien yang sangat bermanfaat ini dapat ditemukan dalam air kelapa wulung. Ilmu pengetahuan telah mengkonfirmasi bahwa sitokinin memperlambat perkembangan sel kanker (anti karsinogenik), selain itu juga memperlambat proses penuaan (anti aging). Air kelapa banyak sekali digunakan sebagai salah satu bahan dasar perawatan kecantikan wanita karena kandungan sitokoninnya, tidak hanya berguna untuk memperlambat proses penuaan, air kelapa juga dapat menghaluskan dan melembabkan kulit, dapat meratakan warna kulit, dan dapat digunakan sebagai campuran masker wajah. Selain untuk kulit air kelapa juga dapat digunakan untuk treatment rambut karena dapat mencegah timbulnya uban dan menghilangkan ketombe.

Karena jenis kelapa ini sangat sulit ditemui, kamu bisa menyimpannya dalam jumlah banyak jika menemukannya di pasar tradisional atau tempat lainnya. Sebab kelapa ungu bisa bertahan hingga seminggu lebih jika tangkainya tidak dikupas dan kulitnya tidak cacat. Baca Lagi : Kenali Sejak Dini, Tanda Kemandulan yang Bisa Kamu Amati Sendiri
(sri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0862 seconds (0.1#10.140)