KPU Maros Rilis Data Pemilih Terbaru yang Masuk di DPB

Selasa, 17 Mei 2022 - 16:00 WIB
loading...
KPU Maros Rilis Data Pemilih Terbaru yang Masuk di DPB
KPU Maros merilis data pemilih terbaru yang masuk dalam Daftar Pemilihan Berkelanjutan. Foto: Sindo news/dok
A A A
MAROS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Maros, merilis hasil daftar pemilih berkelanjutan (DPB), yang ditetapkan dalam rapat pleno terakhir periode April sebanyak 246.058 orang.

Jumlah ini terdiri dari laki-laki sebanyak 118.262 orang dan 127.796 orang perempuan.



Komisioner KPU Maros, Syaharuddin mengatakan, untuk data pemilih jajaran KPU sudah rutin melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder terkait.

Pihak KPU Maros kata dia, selalu melakukan rapat koordinasi setiap 3 bulan sekali. Rapat ini melibatkan stakeholder terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol).

"Kita beberapa kali turun langsung ke sekolah menengah atas dan ke desa-desa melakukan sosialisasi," ujar pria yang biasa disapa Bang Datuk, Selasa (17/05/2022).

Dia melanjutkan, untuk sementara yang tercover sebagai daftar pemilih berkelanjutan (DPB) adalah semua masyarakat yang memiliki E-KTP.

"Jadi yang masuk DPB itu adalah warga yang sudah punya E-KTP. Sehingga setiap rapat koordinasi dan kunjungan langsung ke sekolah dan desa, yang kami lakukan adalah mengimbau masyarakat yang belum memiliki E-KTP untuk segera melakukan perekaman E-KTP," lanjutnya.

Ditanya mengenai anggaran Pemilu, ia mengatakan, jika anggaran untuk Pemilu adalah kewenangan KPU Pusat.

"Kalau anggaran untuk pemilu itu kewenangan KPU pusat, itu gelondongan di pusat, nanti didistribusikan ke daerah sesuai dengan anggaran yang dibutuhkan oleh daerah," lanjut Datu.

Terakhir, ia juga menjelaskan terkait rencana pembagian daerah pemilihan dan penambahan kursi di DPRD.



"Kalau untuk daerah pemilihan nantinya kami membuat beberapa opsi yang kemudian dikirim ke KPU pusat, termasuk rencana penambahan kursi di DPRD, kalau memenuhi syarat pasti akan bertambah," tutupnya.
(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9128 seconds (0.1#10.140)