TOPIK TERPOPULER

SP4N Lapor Gowa Masuk Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik 2022

Herni Amir
SP4N Lapor Gowa Masuk Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik 2022
SP4N melalui Layanan Aspirasi Online Rakyat (Lapor) Pemkab Gowa masuk dalam Top 51 pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 Tahun 2022. Fotoa/Istimewa

GOWA - Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) melalui Layanan Aspirasi Online Rakyat (Lapor) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa masuk dalam Top 51 pada Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 Tahun 2022. Event itu diketahui diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negera Reformasi Birokrasi (PANRB).

Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Setkab Gowa, Sujjadan, mengungkapkan kompetisi ini diikuti Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, BUMN, BUMD dan OPD/Unit Kerja dengan jumlah pendaftar pada kompetisi ini mencapai 759 peserta Instansi Pemerintah seluruh Indonesia.

Baca Juga: Pemkab Gowa Fasilitasi Disabilitas Peroleh Pekerjaan



Pemerintah Kabupaten Gowa ditetapkan sebagai Top 51 Peserta Terbaik. Peserta yang lolos ini hanya terdiri dari 11 Instansi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia dan hanya Pemkab Gowa yang berasal dari Instansi Pemerintah wilayah Indonesia Timur,” kata Sujjadan, Selasa (17/5/2022).

Ia menyebutkan bahwa penyelenggara kompetisi ini adalah KemenPANRB, Kemendagri, KemenKomInfo, Kantor Staf Presiden (KSP) dan Ombudsman RI. Kompetisi ini diluncurkan pada tanggal 17 Februari 2022, kemudian pendaftaran peserta kompetisi ini dimulai pada 18 Februari 2022 sampai dengan 14 April 2022.

“Kompetisi ini merupakan seleksi dan penilaian kepada penyelenggara pelayanan publik, pesertanya terdiri dari: Kementerian/Lembaga, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota, BUMN, BUMD dan OPD/Unit Kerja dan bertujuan untuk memotivasi penyelenggaran pelayanan publik untuk membangun pengeleloaan pengaduan pelayanan publik yang berkualitas,” jelasnya.

Sujjadan juga menyebutkan kompetisi ini terdiri dari empat kategori yaitu Kategori Outsanding Achievement, Kategori Aspek Pengelolaan dan Perubahan Terbaik, Kategori Aspek Keberlanjutan, Konektivitas, dan Dampak Terbaik, serta Kategori Unit Penyelenggara Pelayanan Publik (UPP) Terbaik.

Usai penetapan Top 51, tahapan selanjutnya yang akan diikuti Pemkab Gowa yaitu melaksanakan Presentasi, Wawancara dan Observasi Lapangan dihadapan Tim Panel/Juri sebagai Kegiatan Evaluasi Lanjutan/Penjurian Komepetisi yang akan dilaksanakan pada Jum'at (27/5/2022) mendatang.

“Dari peserta yang mengikuti evaluasi lanjutan, akan ditetapkan TOP 10 Peserta Terbaik. Kita berharap Kabupaten Gowa bisa masuk dalam TOP 10,” harapnya.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!