TOPIK TERPOPULER

BPS Lakukan Sensus Penduduk Lanjutan di Kabupaten Gowa

Herni Amir
BPS Lakukan Sensus Penduduk Lanjutan di Kabupaten Gowa
Sosialisasi terkait pelaksanaan sensus penduduk lanjutan yang dilaksanakan BPS di Kabupaten Gowa beberapa waktu lalu. Foto: Istimewa

GOWA - Badan Pusat Statistik (BPS) melakukan sensus penduduk lanjutan di Kabupaten Gowa. Sebagai langkah awal pihaknya melakukan sosialisasi terlebih dahulu.

Kepala BPS Gowa, Makhzuni mengaku pihaknya mulai melakukan pengambilan sampel sebanyak 5 persen dari rumah tangga sejak 15 Mei hingga Juni 2022 ini.

Baca juga: SP4N Lapor Gowa Masuk Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik 2022



Oleh karena itu, ia meminta kepada Pemerintah Kabupaten Gowa khususnya para camat agar memberikan pemahaman kepada masyarakatnya, sehingga ketika petugas sensus penduduk datang, mereka memberikan data yang diperlukan.

"Kegiatan ini dilakukan untuk menghasilkan proyeksi penduduk yang cepat dan tepat di mana diperlukan kerja sama dan dukungan yang kuat dari berbagai pihak," jelasnya baru-baru ini.

Menanggapi hal ini Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni mengapresiasi langkah BPS dalam melakukan sensus penduduk lanjutan untuk menghasilkan satu data kependudukan. Sekaligus memberikan literasi tentang Indikator Statistik Makro dalam pembangunan, dengan semangat profesionalisme dan berintegritas.

Lebih lanjut ia menjelaskan, data dan informasi tentang capaian pembangunan merupakan referensi utama bagi pemerintah dan pemangku kebijakan dalam perencanaan pembangunan nasional.

"Kegiatan sosialisasi ini sangat penting untuk membangun kesamaan persepsi dalam rangka menghasilkan data kependudukan yang berkualitas. Namun kita tidak berhenti hanya dengan sosialisasi penyamaan persepsi saja tapi harus dilanjutkan dengan langkah nyata di lapangan," tambahnya.

Baca juga: 176 Anggota Pramuka Gowa Ikut Seleksi Jambore Nasional

Untuk itu, dirinya menginstruksikan kepada SKPD dan Camat untuk memberikan dukungan pelaksanaan lapangan sensus penduduk 2020 lanjutan ini dengan menghimbau masyarakat di wilayahnya masing-masing agar menerima petugas mendata lapangan dan memberikan informasi yang dibutuhkan sesuai dengan daftar pertanyaan yang tertera dalam kuesioner survei.



"Data yang dikumpulkan tidak akan bermakna jika tidak dimanfaatkan sebagai dasar perencanaan dan dasar pengambilan kebijakan. Semoga pelaksanaan Sensus Penduduk 2020-Lanjutan ini Kabupaten Gowa menjadi yang terbaik di Indonesia," harapnya.




(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!