Taufan Pawe Tekankan Layanan Adminduk Harus Ramah Disabilitas

Kamis, 19 Mei 2022 - 14:55 WIB
loading...
Taufan Pawe Tekankan Layanan Adminduk Harus Ramah Disabilitas
Wali Kota Parepare Taufan Pawe menekankan untuk layanan kependudukan juga harus ramah disabilitas. Foto: Sindonews/dok
A A A
PAREPARE - Pemerintah Kota Parepare terus berupaya meningkatkan sektor pelayanan bagi masyarakat. Salah satunya, layanan Administrasi Penduduk (Adminduk) bagi masyarakat berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Parepare, untuk memaksimalkan layanan Adminduk bagi penyandang disabilitas. "Ini tindak lanjut instruksi Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri," katanya, Kamis (19/5/2022).



Taufan menekankan, layanan kependudukan harus secara merata dirasakan seluruh masyarakat, tak terkecuali para penyandang disabilitas. Dan untuk memudahkan, kata dia, layanan kemasyarakatan tersebut dilakukan dengan sistem jemput bola ke rumah warga.

"Kami terus mendorong Disdukcapil menciptakan inovasi untuk mempermudah akses layanan Adminduk khusunya bagi penyandang disabilitas," papar Taufan.

Kepala Disdukcapil Parepare, Adi Hidayah Saputra mengemukakan, hingga kini layanan Dukcapil dapat diakses oleh seluruh kalangan masyarakat, termasuk penyandang disabilitas.

Terkhusus penyandang disabilitas, jelas Adi, Dukcapil menyediakan layanan khusus, baik loket untuk khusus penyandang disabilitas, layanan online dan layanan On The Spot langsung ke tempat tinggal warga.

"Layanan ini meliputi perekaman data, pencetakan dan penyerahan dokumen. Setiap saat kami lakukan jika ada yang membutuhkan layanan. Termasuk hari ini Tim On The Spot dukcapil melakukan layanan di SLB DDI Parepare," papar Adi.

Layanan lain yang dihadirkan Disdukcapil Parepare, tambah Adi, juga membuka nomor layanan baru khusus pelayanan mobile dan penerbitan dokumen administrasi kependudukan penduduk rentan.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.0821 seconds (0.1#10.140)