Calon Siswa di Sulsel Wajib Vaksin Sebelum Ikuti PPDB

Kamis, 19 Mei 2022 - 22:09 WIB
loading...
Calon Siswa di Sulsel Wajib Vaksin Sebelum Ikuti PPDB
Siswa sekolah mengikuti vaksinasi di SD Inpres Perumnas Antang 1, Kota Makassar, belum lama ini. Percepatan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh lapisan masyarakat terus digenjot. Foto/SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - Percepatan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh lapisan masyarakat terus digenjot. Selain vaksinasi reguler dosis pertama dan kedua, vaksinasi dosis ketiga atau booster juga dikebut.

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) juga terus mengupayakan sejumlah langkah percepatan vaksinasi. Salah satunya melalui institusi pendidikan.



Langkah untuk mewajibkan vaksinasi bagi calon siswa baru di Sulsel yang akan mengikuti seleksi penerimaan peserta didik baru (PPDB) pun kini tengah digodok.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel, Setiawan Aswad, menuturkan langkah untuk mewajibkan vaksin bagi calon siswa baru diharapkan bisa memaksimalkan cakupan vaksinasi yang sudah ditargetkan.

"Itu kan sebuah cara untuk memastikan bahwa masyarakat memenuhi kewajibannya dalam menjaga dan memproteksi orang lain. Karena PPDB itu mekanisme resmi yang dipakai untuk menikmati layanan pendidikan, sementara layanan pendidikan itu kan bersentuhan dengan orang lain, apalagi sudah tatap muka," ungkap Setiawan.

Setiawan menjelaskan, saat registrasi awal PPDB berlangsung, pihaknya akan mengidentifikasi setiap calon siswa dan keluarganya apakah mereka sudah menjalani paling tidak vaksinasi dosis pertama. Sementara untuk keluarga calon siswa, akan diidentifikasi terkait vaksin booster.

"Jadi kami mencoba mengumpulkan data calon peserta didik dan keluarganya, lalu diidentifikasi mana yang belum vaksin satu, dua. Kalau ada keluarganya belum booster, maka disarankan peserta didik melakukan edukasi ke keluarganya," jelas Setiawan.

Setiawan menyebut, pihaknya cukup menaruh fokus pada vaksinasi dosis dua bagi calon siswa. Pasalnya, sekitar 80 persen sekolah di Sulsel sudah melakukan vaksinasi dosis pertama bagi siswanya.

"Sekolah-sekolah itu berkontribusi cukup besar terhadap capaian vaksin di Sulsel. 80 sampai 90 persen sekolah itu sudah lakukan vaksin satu," pungkasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6993 seconds (0.1#10.140)