TOPIK TERPOPULER

PT Semen Tonasa Dukung Kemenkes Atasi Filariasis di Pulau Terluar Pangkep

Tim SINDOnews
PT Semen Tonasa Dukung Kemenkes Atasi Filariasis di Pulau Terluar Pangkep
PT Semen Tonasa memberikan bantuan sebanyak 2 ton beras untuk masyarakat Pulau Doang-Doangan Caddi dan Pulau Bangko-Bangkoang, pulau terluar Kabupaten Pangkep. Foto/Dok PT Semen Tonasa

PANGKEP - PT Semen Tonasa memberikan bantuan sebanyak 2 ton beras untuk masyarakat Pulau Doang-Doangan Caddi dan Pulau Bangko-Bangkoang yang berada di Desa Kanyurang, Kecamatan Liukang Kalmas, Kabupaten Pangkep.

Di kedua pulau terluar Kabupaten Pangkep tersebut, Semen Tonasa dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membagikan beras dalam rangka pemberian obat untuk pencegahan filariasis atau kaki gajah yang masih terdapat di dua pulau tersebut.

Baca Juga: Semen Tonasa Berkomitmen Gunakan FABA sebagai Bahan Baku Alternatif Semen

Tim yang bertugas dari tanggal 12 hingga 18 Mei ini terdiri dari dokter Kemenkes, personel Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Dinas Kesehatan Pangkep, perawat dan bidan Puskesmas Kalmas, serta personil dari pihak TNI Kodim 1421 Pangkep dan Tim dari PT Semen Tonasa sendiri.

Untuk menuju ke salah satu pulau terluar Pangkep ini, tim harus menempuh perjalanan selama lebih dari 18 jam menggunakan kapal untuk tiba di Kepulauan Desa Kanyurang. Usai membagikan obat dan bantuan beras di pulau Doang Doangan Caddi, para tim selanjutnya menuju pulau Bangko-Bangkoang.

Di dua pulau tersebut, sekitar ratusan masyarakat dari puluhan Kepala Keluarga yang mendapat bantuan beras dari PT Semen Tonasa.
GM Komunikasi dan Hukum PT Semen Tonasa, Andi Muhammad Said Chalik, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan perusahaan dalam pemberantasan filariasis di Kabupaten Pangkep.

"Pemberian bantuan berupa beras ini, merupakan bentuk support Semen Tonasa kepada Kementerian Kesehatan, khususnya Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel dan Kabupaten Pangkep, dalam rangka pemberantasan filariasis yang cukup banyak diderita oleh masyarakat kepulauan."

"Hal ini sejalan dengan program TJSL kami yaitu Tonasa Sehat. Di mana program ini secara khusus menyasar pada aktivitas-aktivitas yang mendukung perbaikan kesehatan masyarakat sekitar perusahaan. Bahkan, kali ini pun tidak sekedar masyarakat yang berada di daratan, namun kami juga menjangkau hingga warga kepulauan terluar Pangkep yang berjarak 20 jam lebih dari daratan," sambung dia.

Baca Juga: Peringati Bulan K3, Semen Tonasa Gelar Donor Darah

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pangkep, Herlina, mengapresiasi kepedulian PT Semen Tonasa terhadap masyarakat Pangkep. "Kami berterima kasih atas dukungan dari PT Semen Tonasa dalam kegiatan pemberantasan penyakit kaki gajah di masyarakat kepulauan ini."

"Dan ini memang bukan yang pertama kalinya PT Semen Tonasa terlobat aktif mendukung dan membantu kami. Kami yakin, bantuan yang dibawa oleh Semen Tonasa ini dapat membantu percepatan pemberantasan filariasis di Kabupaten Pangkep," tutupnya.



(tri)

TULIS KOMENTAR ANDA!