Rehabilitasi Irigasi Cenrana Diharap Dongkrak Produktivitas Pertanian

Sabtu, 21 Mei 2022 - 12:08 WIB
loading...
Rehabilitasi Irigasi Cenrana Diharap Dongkrak Produktivitas Pertanian
Pemprov Sulsel kembali melanjutkan penanganan pada Daerah Irigasi Cenrana di Kabupaten Wajo untuk tahun anggaran 2022. Foto/Dok Pemprov Sulsel
A A A
WAJO - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan ( Pemprov Sulsel ) kembali melanjutkan penanganan pada Daerah Irigasi Cenrana di Kabupaten Wajo untuk tahun anggaran 2022.

Hal ini menjadi fokus Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, untuk infrastruktur pertanian . Apalagi Sulsel dikenal sebagai daerah yang menjadi penopang pangan nasional.



Gubernur Sudirman menyebut rehabilitasi irigasi Cenrana saat ini sudah dimulai. Lewat pembenahan infrastruktur tersebut, pihaknya menaruh harap agar produktivitas pertanian di sekitar wilayah tersebut meningkat.

"Saat ini tengah progres pengerjaan rehab DI Cenrana di Kabupaten Wajo. Target kita untuk menambah luas areal aliran irigasi ke lahan pertanian masyarakat,” ungkap dia, dilansir dari laman resmi Pemprov Sulsel.

Adapun luas areal yang akan dilayani pada pekerjaan rehab tahun 2022 ini sekitar 662 hektare. Adapun luas fungsional 910 hektare.

“Diharapkan dengan peningkatan saluran irigasi DI Cenrana, maka akan menambah luasan aliran air dari Kanal Basri Palaguna ke lahan pertanian masyarakat,” tuturnya.



Selain itu, dengan rehabilitasi saluran irigasi ini akan mengurangi tingkat kehilangan air disaluran. “Tentu diharapkan meningkatkan produktivitas pertanian masyarakat. Yang muaranya akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat,” imbuhnya.

Untuk pengerjaan pada bangunan pelimpah, akan berfungsi untuk mengalirkan kelebihan air agar tetap aman bila terjadi banjir.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4214 seconds (0.1#10.140)