Kerajaan Sanrobone Anugrahkan Gelar Kebangsawanan Pada Rekor UKM

Minggu, 22 Mei 2022 - 19:43 WIB
loading...
Kerajaan Sanrobone Anugrahkan Gelar Kebangsawanan Pada Rekor UKM
Kerajaan Sanrobone memberikan Penganugerahan Gelar Kebangsawanan Kerajaan Sanrobone kepada Prof Dato’ Dr Mohd Ekhwan Hj Toriman yang merupakan Vice Chancellor Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM). Foto: Istimewa
A A A
MAKASSAR - Kerajaan Sanrobone memberikan Penganugerahan Gelar Kebangsawanan Kerajaan Sanrobone kepada Prof Dato’ Dr Mohd Ekhwan Hj Toriman yang merupakan Vice Chancellor Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM) dengan sebutan Imangasakki Dg Nyorong, di Balla Lompoa Sanrobone, Minggu (22/5/2022).

Penganugerahan gelar kebangsawanan kepada Rektor Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), melihat kerja sama antara kedua belah pihak yang telah terjalin lama. Dengan pemberian gelar ini diharap dapat memperkuat dan mendorong kerjasama antarnegara.



Prof Dato’ Mohd Ekhwan Toriman menganggap, pemberian gelar kebangsawanan ini merupakan penganugerahan terbesar kepada Universitas Kebangsaan Malaysia terkhusus pada dirinya. Meski demikian, pemberian gelar ini dianggap sebagai amanah dalam mempererat silaturahmi antara kedua negara.

“Bagi pihak University Kebangsaan Malaysia merasa berbesar hati di atas penganugerahan Imangasakki Dg Nyorong yang diberikan oleh kerajaan Sanrobone kepada University Kebangsaan Malaysia," katanya.

Dirinya mengatakan, satu pengitirafan yang besar kepada University dan kepada dirinya, dan ia menganggap ini sebagai suatu amanah untuk mengukuhkan lagi hubungan silaturahmi di antara kedua negara khususnya Malaysia dan Indonesia.

Tak hanya kedua negara, pihak University Kebangsaan Malaysia (UKM) juga bertekad semakin mempererat kerja sama dengan Iniversitas Muslin Indonesia (UMI) dalam hal riset serta para alumni yang ingin melanjutkan pendidikan S2 dan S3 di kampus Malaysia tersebut.

“Dan juga dua buah University yang membawa bendera semangat nasionalis di antara University kebangsaan Malaysia dan University Muslim Indonesia. Insyaallah pada masa akan datang pihak University Kebangsaan Malaysia, akan meneruskan kerja sama dalam berbagai bidang terutama melibatkan penyelidikan riset, melibatkan pemberian geran kepada pelajar untuk menyabung pengajuan di S2 dan S3,” tambahnya.

Sementara itu, Rektor UMI Prof Dr Basri Modding menjelaskan, penganugerahan gelar kebangsawanan ini memerlukan waktu yang cukup lama melihat wacana tersebut telah ada sajak tahun lalu. Sehingga diharap dengan pemberian gelar ini dapat menguatkan kedua belah pihak.

“Nah sekarang ini adalah saling menguatkan ya jadi namanya saja Imangasakki Dg Nyorong itu, adalah bagaimana dia punya kekuatan yang mendorong buat memajukan antara kedua peradaban kerajaan baik kerajaan Malaysia dan kerjaan Sanrobone,” paparnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5522 seconds (0.1#10.140)