TOPIK TERPOPULER

Imunisasi Dasar Lengkap di Kabupaten Gowa Capai 96,31 Persen

Herni Amir
Imunisasi Dasar Lengkap di Kabupaten Gowa Capai 96,31 Persen
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang turut didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan saat meninjau imunisasi anak. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus menggenjot capaian vaksinasi imunisasi anak. Salah satunya melalui pencanangan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) sebagai cara meningkatkan capaian imunisasi lanjutan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan yang turut didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Gowa, Priska Paramita Adnan mengatakan, saat ini capaian imunisasi anak di Kabupaten Gowa sebesar 96,31 persen yang tersebar di 26 Puskesmas, 560 Posyandu. Sehingga capaian pelaksanaan imunisasi dasar lengkap di Gowa sudah mencapai target.

Baca Juga: Imunisasi, Hak Dasar dan Kewajiban Lindungi Populasi



"Kita patut berbangga karena pencapaian Imunisasi Dasar Lengkap (IDL) Sulsel tahun 2021 merupakan peringkat pertama di tingkat nasional yaitu 99,9 persen dari situ Gowa berkontribusi 96,31 persen dan tentu ini berkat kerjasama dan kolaborasi seluruh pihak yang ada," ungkap Adnan di Pelataran SDN Bontokamase, Senin (23/5/2022).

Adnan mengaku, kesehatan dan pendidikan tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya dalam membangun SDM yang unggul. Menurutnya, sebaik apapun pendidikan seorang harus dilengkapi dengan tubuh yang sehat sehingga menghasulkan pemikiran yang cerdas, dengan itu maka akan tercipta SDM yang lebih baik lagi di masa yang akan datang.

Apabila tubuh anak kuat maka pikirannya akan cerdas, jika pikiran yang cerdas maka kita akan bisa membangun SDM yang lebih baik lagi," jelasnya.

Olehnya untuk membentuk tubuh yang sehat dari dini, imunisasi lengkap sangat dibutuhkan untuk menunjang kesehatan anak melalui pencanagan BIAN ini yang diperuntukkan bagi anak usia 9 bulan - 12 tahun.

"Imunisasi dasar kita sudah baik, namun untuk pencapaiam imunisasi lanjutan masih perlu kita tingkatkan melalui BIAN ini. Sehingga anak-anak yang belum lengkap imunisasi dasar dan lanjutannya kita lengkapi terus imunisasinya dalam kegiatan yang ini sekaligus memberikan imunisasi tambahan campak rubella bagi anak usia 9 bulan sampai dengan 12 tahun," jelasnya.

Ia berharap, seluruh pihak berperan aktif menyukseskan pelaksanaan BIAN dengan menyebar luaskan informasi pada setiap kesempatan, menggerakkan masyarakat dan orang tua agar anaknya segera diimunisasi.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!