TOPIK TERPOPULER

TNKB Putih Belum Diterapkan di Parepare, Masih Tunggu Instruksi Korlantas Polri

Darwiaty Dalle
TNKB Putih Belum Diterapkan di Parepare, Masih Tunggu Instruksi Korlantas Polri
Polisi saat memeriksa kelengkapan kendaraan bermotor salah seorang pemotor, beberapa waktu lalu. Implementasi TNKB di Parepare masih menunggu instruksi Korlantas Polri. Foto/SINDOnews/Darwiaty Dalle

PAREPARE - Penerapan penggunaan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) berwarna dasar putih dengan tulisan hitam belum direalisasikan di Kota Parepare. Musababnya, hingga kini masih menunggu instruksi dan petunjuk teknis dari Korlantas Polri terkait aturan penggunaan.

Kasat Lantas Polres Parepare, AKP Muh Yusuf, mengatakan meski informasi awal terkait penerapan TNBK putih telah dikeluarkan, namun hal tersebut tersebut belum diresmikan oleh pihak kepolisian.

Baca Juga: Polres Parepare Gagalkan Penyelundupan Sabu Cair



Yusuf mengemukakan, pergantian warna pelat nomor ini tercantum dalam Peraturan Kepolisian Nomor 7 Tahun 2021 tentang Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor. Dalam Pasal 45 disebut bahwa akan ada empat warna dasar pelat nomor, yakni putih, kuning, merah, dan hijau.

"Tapi untuk pemberlakuannya khusus di Wilayah Sulawesi Selatan, lebih khusus di Kota Parepare, TNKB putih belum boleh menggunakan, karena belum ada stok dari Korlantas Mabes Polri,” papar Yusuf.

Sebelum penerapan penggunaan pelat dasar putih tersebut, tambah Yusuf, terlebih dahulu akan disosialisasikan.

Menyoal sudah adanya pemilik kendaraan yang menggunakan pelat dasar putih, dianggap belum sah karena belum memenuhi spesifikasi teknis (spekte) yang harus dkkeluarkan pihak Samsat.

“Itu hanya dibuat sendiri atau ilegal. Oleh karena itu, saya imbau kepada seluruh pengguna kendaraan, untuk Plat TNKB putih ini belum digunakan, nanti pada saat ada sosialisasi baru bisa digunakan," Yusuf menjelaskan.

Ditegaskan Yusuf, jika nantinya ditemukan ada kendaraan yang ditemukan menggunakan TNKB putih yang tidak sesuai dengan spekte yang telah ditetapkan berdasarkan aturan yang berlaku, pihaknya akan mengambil tindakan, di antaranya sanksi bagi pemilik kendaraan.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!