UMKM Luwu Utara Panen Untung di Festival Bumi Lamaranginang

Selasa, 24 Mei 2022 - 10:16 WIB
loading...
UMKM Luwu Utara Panen Untung di Festival Bumi Lamaranginang
Festival Bumi Lamaranginang mendapatkan respons positif dari masyarakat. Foto/Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Festival Bumi Lamaranginang mendapatkan respons positif dari masyarakat. Gelaran yang berlangsung pada tanggal 20 sampai 22 Mei 2022 ini dipadati pengunjung sehingga turut berdampak pada perekonomian masyarakat.

Berlangsung sepanjang ratusan meter di Jalan Andi Djemma Jalur Dua Rujab Bupati, Kabupaten Luwu Utara , sebanyak 41 tenant yang merupakan pelaku Usaha Mikro Kecil Menegah ( UMKM ) mengaku panen untung.

Bella misalnya, salah satu pelaku usaha minuman mengaku meraup untung banyak. Jika biasanya hanya mampu menjual sekitar 10 gelas minuman per hari, kini mampu mencapai 100 gelas dalam sehari.



"Saya menjual sejak hari pertama dimulainya festival. Alhamdulillah pembeli pertama saya capai Rp1 juta, hari kedua lebih banyak lagi sampai Rp1,5 juta karena mungkin malam minggu yah," terang Bella.

Hal serupa juga diungkapkan pedagang aksesoris, Anwar. Meski baru berjualan di hari kedua pelaksanaan event Festival Bumi Lamaranginang, tak mengurangi keuntungan yang ia peroleh.

"Saya baru menjual di hari kedua tepatnya pada Sabtu 21 Mei atau malam Minggu, Alhamdulillah langsung laku Rp1 juta hampir Rp1,5 juta," ungkap Anwar.

Sementara Akmal Pedagang Keliling Es Asap mengaku ikut pasang tenant di arena Festival Bumi Lamaranginang dan meraup untung hingga Rp3 juta.

"Saya itu menjual selama 2 hari, hari kedua dan hari terakhir atau penutupan, hari pertama belum ikut, tapi Alhamdulillah tetap laris manis, saya sih berharap event-event seperti ini tetap ada dan kalau bisa waktunya diperpanjang sampai sepekan," harap Akmal.



Sebelumnya, Bupati Luwu Utara , Indah Putri Indriani dalam seremoni pembukaan, menyampaikan Festival Bumi Lamaranginang digagas untuk membangkitkan pariwisata. Karena pariwisata dinilai akan menggerakkan industri lain seperti kuliner dan UMKM.

"Karena di sana ada kunjungan dan transaksi, untuk itu kita berharap kondisi ini berangsur membaik pascapandemi sehingga kita bisa kembali menggelar event serupa demi pertumbuhan ekonomi masyarakat yang semakin baik," harap Indah.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3902 seconds (0.1#10.140)