TOPIK TERPOPULER

Kantor Desa Aska Ditutup Masyarakat Jelang Pelantikan Kepala Desa

Irman Bagoseng
Kantor Desa Aska Ditutup Masyarakat Jelang Pelantikan Kepala Desa
Pintu Kantor Desa Aska ditutup masyarakat sesaat sebelum pelantikan kepala desa terpilih. Foto: Istimewa

SINJAI - Kantor Desa Aska yang terletak di Kecamatan Sinjai Selatan, Kabupaten Sinjai ditutup paksa masyarakat setempat. Aksi itu dilakukan beberapa saat sebelum pelantikan kepala desa terpilih pada Rabu (25/5/2022).

Dari pantauan, pintu Kantor Desa Aska dipasangi balok kayu sehingga tak ada aktivitas yang bisa dilakukan para perangkat desa. Pemasangan balok kayu diketahui dilakukan pada Rabu dini hari tadi.

Baca juga: Hasil PSU Lahirkan Pemenang Baru, Polemik Pilkades Aska Terus Berlanjut

Mantan Kepala Desa Aska, Arifuddin membenarkan penyegelan tersebut. Tindakan itu merupakan bentuk protes terhadap Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD) Kabupaten Sinjai yang memasukkan nama Andi Iwan Usman untuk dilantik sebagai Kepala Desa.

"Iyye Ndi, ini (penyegelan) bentuk protes warga kepada panitia yang tidak relevan, karena kan sengketa Desa Aska masih berproses di PTUN, hari ini memasuki sidang ke-3, kenapa tidak ditunggu putusannya?. Andai kata sudah ada putusan kami (Cakades No 5) pasti legowo menerimanya," jelasnya melalui selular.

Pemilihan Kepala Desa di Desa Aska pada 17 Maret 2022 memang diwarnai polemik. Kondisi tersebut bahkan bermuara pada proses pemungutan suara ulang (PSU).

Baca juga: Kalah saat PSU, Calon Kepala Desa di Sinjai Tempuh Jalur PTUN

Sebagai informasi, dalam hasil penetapan suara yang ditetapkan panitia Pilkades, A Ihwan Usman kalah dari rivalnya, H Bahar. A Ihwan memperoleh 905 suara, sedangkan H Bahar memperoleh 918 suara.

Sementara, pada PSU yang di gelar pada 27 Maret 2022 lalu, A Ihwan Usman mengungguli H Bahar. Tidak terima dengan hasil tersebut, H Bahar kemudian mengajukan gugatan ke PTUN.



(luq)

TULIS KOMENTAR ANDA!