TOPIK TERPOPULER

Peningkatan Suhu Permukaan Laut Picu Cuaca Ektrem di Sulsel

Ansar Jumasang
Peningkatan Suhu Permukaan Laut Picu Cuaca Ektrem di Sulsel
Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyebut cuaca ektrem yang terjadi tiga hari terakhir di Sulsel suhu permukaan laut (SPL). Foto: Sindonews/Ilustrasi

MAKASSAR - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar menyebut cuaca ektrem yang terjadi tiga hari terakhir di Sulsel karena terjadi peningkatan suhu permukaan laut (SPL) di Selat Makassar. 

Prakirawan BMKG Wilayah IV Makassar, Rizky Yudha mengatakan, kenaikan suhu permukaan laut salah satu penyebab tingginya curah hujan, disebabkan adanya belokan angin yang membuat awan-awan hujan berkumpul di Sulsel bagian Barat.

Baca Juga: Menhub Antisipasi Cuaca Ekstrem, Penyelenggara Transportasi Diperingatkan

"Dari analisa kami, beberapa faktor yang menyebabkan curah hujan kategori ekstrem di Sulsel bagian barat dan bagian selatan, pertama karena adanya kondisi SPL di Selat Makassar bagian selatan, sehingga terjadi penguapan atau pasokan uap air di udara cukup banyak," tutur Rizky kepada SINDOnews, Jumat (27/5/2022).

Dirinya juga bilang, ada belokan angin yang terjadi. Sehingga angin di sekitar Sulawesi Selatan dan Selat Makassar sehingga terjadi pelambatan angin yang menyebabkan potensi untuk pertumbuhan awan-awan sangat tinggi.

"Namun dari hasil analisis BMKG curah hujan lebat tidak akan terjadi lagi untuk hari ini dan tiga hari ke depan, kondisi cuaca di Makassar dan beberapa daerah di Sulsel akan kembali normal," ucap Rizky.

Curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir masuk kategori hujan lebat. Di mana curah hujan di atas 50 milimeter perhari melanda wilayah Pinrang, Parepare, Barru, Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Bantaeng dan sebagian wilayah Wajo.

"Hari ini (Jumat) masih terpantau ada potensi hujan sedang hingga lebat, kemungkinan di sore hari, tetapi diperkirakan tiga hari ke depan cuacanya sudah mulai kondusif cerah berawan dan masih ada potensi hanya hujan ringan saja. Mungkin suhunya yang akan kembali meningkat. Antara 32 sampai 35 derajat celcius. Kalau pun turun hujan itu potensinya sampai ke awal malam saja," terangnya.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, Kawasan Wisata Bantimurung Tutup Sementara






(agn)

TULIS KOMENTAR ANDA!