Puskesmas Pangkajene Gandeng IDI Sidrap Peringati Hari Lansia Nasional

Minggu, 29 Mei 2022 - 18:10 WIB
loading...
Puskesmas Pangkajene Gandeng IDI Sidrap Peringati Hari Lansia Nasional
Puskesmas Pangkajene memperingati Hari Lanjut Usia Nasional dengan menggelar dialog dan pemeriksaan kesehatan bagi lansia. Foto: Sindonews/Andi Mappanyukki
A A A
SIDRAP - Puskesmas Pangkajene memperingati Hari Lanjut Usia Nasional dengan menggelar dialog dan pemeriksaan kesehatan bagi lansia, yang berlangsung di Aula Puskesmas Pangkajene, Kecamatan Maritengngae, Kabupaten Sidrap.

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ini, dikemas dengan bertajuk "Gerakan Cinta Lansia" diadakan tim kesehatan usila Puskesmas Pangkajene menggandeng Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Kabupaten Sidrap.



Hal tersebut sebagai bentuk penghargaan atas semangat jiwa raga serta peran penting dan strategi para lanjut usia Indonesia dan para lansia Sidrap pada khususnya, dalam kiprahnya mempertahankan kemerdekaan, mengisi pembangunan dan memajukan bangsa.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Pangkajene, dr Mariana menyampaikan, gerakan cinta lansia digalakkan pihaknya itu dengan memberikan fasilitas kesehatan dengan membawa ke tempat skrinning kesehatan lansia.

"Lansia adalah bagian dari masyarakat, bangsa dan negara. Untuk menjaga lanjut usia agar tetap hidup sehat dan produktif, perlu pemeliharaan kesehatan bagi mereka," katanya, Minggu, (29/5/2022).

Pemberian fasilitas kesehatan kepada lansia di Kabupaten Sidrap diharap dapat mendeteksi penyakit yang menular, kelainan, dan gangguan mental yang tidak disadari.

"Kesuksesan kita sebagai seorang anak, itu semua karena peran dan perjuangan dari orang tua kita, maka selayaknyalah kita memperhatikan orang tua kita sebagai bakti seseorang anak," ujar dr Mariana.

Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan tingkat pertama lanjut dr Mariana, diharapkan mampu melakukan upaya promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif tingkat dasar bagi lansia. Selain itu, masyarakat Sidrap sebagai daerah yang religius, mengedepankan bakti kepada orang tua sebagai bentuk ibadah.



Ketua Panitia, Hasniawati Nasri mengutarakan, tujuan skrining kesehatan lansia untuk meningkatkan kesadaran pada lansia, untuk memelihara kesehatan, meningkatkan kemampuan dan peran serta keluarga hingga masyarakat dalam mengatasi kesehatan lansia.

"Selain itu, meningkatkan jenis dan jangkauan pelayanan lansia serta meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Untuk Kecamatan Maritengngae, jumlah lansia yang diperiksa sebanyak 112 orang," tandasnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4645 seconds (0.1#10.140)