Pj Gubernur Sulbar dan Kepala Konsuler Jepang Bahas Potensi Investasi

Senin, 30 Mei 2022 - 19:21 WIB
loading...
Pj Gubernur Sulbar dan Kepala Konsuler Jepang Bahas Potensi Investasi
Pj Gubernur Sulbar Akmal Malik (kanan) menyerahkan cinderamata kepada Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Yatsue Katsunobu (kiri). Foto/SINDOnews/Syamsi Nur Fadhila
A A A
MAKASSAR - Penjabat (Pj) Gubernur Sulbar, Akmal Malik, bertemu dengan Kepala Kantor Konsuler Jepang di Makassar, Yatsue Katsunobu, Senin (30/5/2022).

Dalam pertemuan yang berlangsung hangat itu, Akmal dan Katsunobu membahas sejumlah hal terkait potensi investasi di provinsi termuda di tanah Sulawesi itu. Salah satunya yaitu memperluas perusahaan kakao Jepang.



"Pertemuan kami ini untuk mempererat silaturahmi. Kami juga bahas beberapa kerja sama antara Jepang dengan Sulbar, terutama memperluas perusahaan kakao Jepang yang ada di Polewali," ungkap Akmal.

Diketahui, kakao menjadi salah satu komoditas yang cukup diunggulkan di Sulbar. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Sulbar, nilai ekspor kakao pada bulan Maret 2022 naik sebesar 193,87 persen. Dari US$0,67 juta pada Februari 2022, menjadi US$1,97 juta pada bulan Maret 2022.

Di samping itu, lanjut Akmal, juga dibahas terkait potensi sumber daya alam (SDA) Sulbar yang bisa dikerjasamakan dengan Jepang dalam bentuk investasi.

Selain itu, Kantor Konsuler Jepang juga bakal memberikan bantuan kendaraan ambulans dan mobil pemadam kebakaran kepada Pemprov Sulbar.

Rencananya, ada enam unit kendaraan bantuan yang akan diserahkan langsung oleh Vice President Toyota kepada Pemerintah Sulbar . Jumlah itu disesuaikan dengan jumlah Kabupaten di Sulbar.

"Bantuan tersebut nantinya akan diserahkan kepada pemerintah di tingkat kabupaten untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat di bidang kesehatan maupun penanggulangan bencana," katanya.

Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Otda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) ini berharap, bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dengan baik agar pelayanan masyarakat dapat meningkat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2821 seconds (0.1#10.140)