WHO: Terjadi Lonjakan Kasus Corona di Sejumlah Negara Besar

Selasa, 23 Juni 2020 - 13:40 WIB
loading...
WHO: Terjadi Lonjakan Kasus Corona di Sejumlah Negara Besar
WHO mencatat adanya peningkatan kasus Corona di sejumlah negara besar. Foto: Ilustrasi
A A A
GENEVA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, lonjakan kasus virus Corona terjadi di sejumlah negara besar terutama di Amerika Latin, yakni Brasil.

WHO mencatat lebih dari 183.000 kasus virus Corona baru pada hari Minggu, angka terbesar dalam sehari sejak wabah dimulai pada bulan Desember.



"Tentu saja jumlahnya meningkat karena epidemi berkembang di sejumlah negara berpenduduk pada saat yang sama dan di seluruh dunia," kata pakar darurat WHO , Mike Ryan, briefing online yang dilansir dari Reuters, Selasa, (23/06/2020).

"Beberapa peningkatan itu mungkin disebabkan oleh peningkatan pengujian. Dan tentu saja negara-negara seperti India menguji lebih banyak. Tetapi kami tidak percaya bahwa ini adalah fenomena pengujian," lanjutnya.

Kasus global saat ini melampaui 9 juta pada hari Senin, dengan Amerika Serikat, Cina dan negara-negara lain yang terkena dampak parah juga melaporkan wabah baru.

Ryan mengatakan, telah terjadi lonjakan kasus di Chili, Argentina, Kolombia, Panama, Bolivia dan Guatemala, serta Brasil, yang telah melewati angka 1 juta - nomor kedua setelah Amerika Serikat - dan melaporkan rekor 54.000 kasus di Amerika Serikat dalam 24 jam sebelumnya.

Dia mengatakan, beberapa lompatan di Brasil mungkin mencerminkan perubahan dalam sistem pelaporan.

“Masih ada tes yang relatif rendah per populasi, dan tingkat kepositifan untuk pengujian secara keseluruhan masih cukup tinggi. Dari perspektif itu, kita akan mengatakan bahwa tren ini tidak mencerminkan pengujian menyeluruh, tetapi mungkin kurang memperkirakan jumlah kasus yang sebenarnya," katanya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1405 seconds (0.1#10.140)