TOPIK TERPOPULER

Jalur Lalu Lintas Pantai Losari Bakal Kembali Berubah, Begini Skemanya

Syamsi Nur Fadhila

Untuk tahap awal simulasi, akan dimulai dari Jalan Pasar Ikan menuju ke Jalan Penghibur-Haji Bau dan Lamadukelleng.

Jika nanti hasilnya dinilai lebih efektif dan efisien dibandingkan jalur yang ada saat ini maka jalur ini akan diberlakukan secara paten saat perhelatan Makassar international eight festival and forum (F8) mendatang.

"Sekarang ini ada 7 titik kemacetan. Pada 2018, hanya ada satu titik kemacetan, dan itu sudah dikaji oleh ahlinya," pungkas Iman.

Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan Pomanto, berujar perubahan jalur lalin ini sudab mempertimbangkan hasil kajian bersama tenaga ahli dari Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar. Hasilnya, diprediksi akan terjadi bangkitan transportasi sebagai dampak masifnya pembangunan perumahan di kawasan pesisir.

"Jadi saya diskusi tenaga ahli dari Unhas, kebetulan ketua MTI (masyarakat transportasi Indonesia). Hasilnya adalah kami akan mengakselerasi yang sedikit belum tertampung seperti tata ruang baru, misalnya kawasan reklamasi pantai yang sudah jalan sekarang, CPI," ujarnya.

Baca Juga: Revitalisasi Anjungan Pantai Losari Tunggu Persetujuan Kemendagri

Termasuk, memperhitungkan warga luar yang masuk Makassar dan bertambahnya jumlah penduduk. Ini berpotensi membuat kemacetan yang semakin parah.

"Itu semua harus dihitung, bahwa penduduk Kota Makassar itu 1,5 juta tapi bisa saja 3 sampai 4 juta. Jangan sampai seperti di Jakarta, tidak pernah diprediksi 10 juta. Makassar ini kan didesain dengan 400 ribu penduduk saja, sekarang sudah 1,5 juta, besok-besok bisa sampai 3 juta. Itu harus diprediksi," tukasnya.





(tri)

halaman ke-2
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!