Kurangi Masalah Sampah Plastik, Diskominfo-SP Lutim Ajak Pakai Tumbler

Selasa, 07 Juni 2022 - 07:39 WIB
loading...
Kurangi Masalah Sampah Plastik, Diskominfo-SP Lutim Ajak Pakai Tumbler
Kepala Dinas Kominfo-SP Lutim, Hamris Darwis. Foto/Istimewa
A A A
LUWU TMUR - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo-SP) menindaklanjuti Surat Edaran Bupati Luwu Timur Nomor: 050/0114/BUP tentang Gerakan Luwu Timur Membawa Botol Minum Berkali-Kali (Tumbler).

Dalam surat edaran Bupati Lutim ini dikatakan bahwa, permasalahan sampah plastik sudah menjadi persoalan global.

Kebijakan pengelolaan sampah di Kabupaten Luwu Timur (Lutim) diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 8 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga dan diperkuat oleh Peraturan Bupati Nomor 27 Tahun 2018 tentang Kebijakan dan Strategi Daerah dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga (Jakstrada).

Baca Juga: Negara-Negara Penyumbang Sampah Plastik Terbesar di Laut

Dalam Jakstrada diatur tentang upaya pengurangan sampah melalui rencana penerapan penggunaan botol minum berkali pakai (tumbler).

Melalui kebijakan ini, diharapkan masyarakat dan Pemkab dapat bersinergi mewujudkan Luwu Timur Inspiring.

Kepala Dinas Kominfo-SP Lutim, Hamris Darwis mengatakan, sesuai arahan pemerintah untuk mewujudkan green environment, diharapkan setiap aktivitas di perkantoran bisa mengurangi sampah yang susah terurai, salah satunya adalah botol minum dalam kemasan plastik.

"Caranya adalah dengan menggunakan kemasan air yang bisa dipakai berkali-kali seperti tumbler yang tidak menghasilkan sampah. Dan hari ini, kita di Dinas Kominfo-SP mulai melakukan hal tersebut untuk mengingatkan kembali kepada kita semua agar menggunakan tumbler pada saat aktivitas di kantor," kata Hamris saat memimpin Apel Pagi di halaman Dinas Kominfo-SP, Senin (6/6/22).

Selain itu, lanjutnya, diharapkan juga kantor-kantor dinas lain selalu menjaga kebersihan di sekitaran kantornya, lingkungan kantor, mengurangi penggunaan air, dan mengurangi pemakaian listrik.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1811 seconds (0.1#10.140)