Bank Sulselbar Kantongi Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan

Selasa, 07 Juni 2022 - 08:42 WIB
loading...
Bank Sulselbar Kantongi Sertifikasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan
Bank Sulselbar meraih sertifikat Anti Bribery Management System - SNI ISO 37001:2016 tentang pelaksanaan Sistem Manajemen Anti Penyuapan. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Bank Pembangunan Daerah Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat ( Bank Sulselbar ) meraih sertifikat 'Anti Bribery Management System - SNI ISO 37001:2016' tentang pelaksanaan Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP).

Sertifikat diterbitkan oleh Badan Sertifikasi British Standards Institution (BSI) dan telah diserahkan kepada Plt Direktur Utama PT Bank Sulselbar Yulis Suandi, di Jakarta, Senin (6/6/2022).



Acara penyerahan sertifikat dihadiri juga oleh Direktur Operasional & TI Bank Sulselbar Irmayanti Sulthan dan Direktur Kepatuhan Bank Sulselbar, Dian Anggriani Utina.

Dian Anggraini Utina mengatakan, penerapan SNI ISO 37001:2016 SMAP ini menjadi panduan bagi Bank Sulselbar dalam mengimplementasikan, mengevaluasi dan melakukan peningkatan pengendalian internal yang konsisten dan berkelanjutan untuk pencegahan dan pendeteksian penyuapan.

Hal tersebut juga mendukung proses bisnis yang semakin efisien, transparan, akuntabel yang berimbas pada kepercayaan stakeholder pada perusahaan.

"Bank Sulselbar akan terus berkomitmen dalam menyikapi risiko fraud antara lain seperti penyeleksian sejak awal rekrutmen pegawai, peningkatan capacity building, pernyataan implementasi whistleblowing system, penerapan know your employee, mutasi dan rotasi secara reguler, dan tentunya sosialisasi terus menerus, dsb," ujar Dian.



Pada tanggal 23-24 Maret 2022 lalu, Bank Sulselbar telah melalui tahapan audit Due Diligence khususnya dari dua aktivitas, yaitu perkreditan dan general affairs dari Badan Sertifikasi-British Standards Institution dan dinyatakan berhasil mendapatkan rekomendasi sertifikasi tersebut.

"Meraih sertifikat Sistem Manajemen Anti Penyuapan adalah sebuah pengakuan yang patut dibanggakan. Namun yang terpenting adalah internalisasi GCG Bank Sulselbar yang terlaksana secara konsisten sehingga dapat berdampak pada peningkatan value brand Bank Sulselbar dan pada akhirnya akan berdampak pada perkembangan bisnis bank," tambah Dian.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1979 seconds (0.1#10.140)