Berhasil Masuk Zona Hijau, Pemda Kabupaten/Kota Bakal Dapat Reward

Rabu, 24 Juni 2020 - 07:05 WIB
loading...
Berhasil Masuk Zona Hijau, Pemda Kabupaten/Kota Bakal Dapat Reward
Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulsel tengah mengusung konsep pemberian reward atau penghargaan bagi daerah yang mampu menekan angka penularan virus corona hingga membuat wilayahnya masuk kategori zona hijau. Foto : SINDOnews/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Sulsel tengah mengusung konsep pemberian reward atau penghargaan bagi daerah yang mampu menekan angka penularan virus corona hingga membuat wilayahnya masuk kategori zona hijau.

Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Sulsel, Prof Syafri Kamsul Arif mengatakan, langkah ini ditempuh untuk mendorong pelaksanaan protokol kesehatan. Salah satu langkah efektif dalam mencegah penyebaran COVID-19 lebih meluas. Baca : Bertambah 154, Total Positif COVID-19 di Sulsel Tembus 4.062 Kasus

Dikatakan tingkat kepatuhan masyarakat akan penerapan protokol kesehatan belum maksimal. Kesadaran masyarakat akan upaya pencegahan dianggap masih rendah. Untuk mendorong ini, tidak hanya difokuskan dengan penindakan atau pemberian punishment (sanksi).

"Jadi bukan hanya ada punishment, tapi ada reward. Agar daerah yang masih masuk zona merah san kuning, bisa berubah jadi hijau, itu bisa diberi reward," kata Syafri saat telekonferensi, kemarin. Baca : Sulsel Raih Tiga Award dalam Inovasi Penanganan COVID-19

Dia berharap, pemberian reward ini menjadi pemicu agar edukasi penerapan protokol kesehatan lebih digalakkan. "Ini juga masuk untuk pelaksanaan edukasi. Ini tentunya disambut baik," sambung dia.

Meski begitu, dia mengaku konsep pelaksanaan dan pemberian reward ini masih dimatangkan. Namun tujuannya, bisa mendorong adanya wilayah yang jadi contoh kehidupan masyarakat untuk berprilaku sehat .

"Adapun nanti wujudnya akan secara teknis dibahas. Namun ini hal yg sangat positif. Reward ini bisa memacu kesadaran. Artinya berikan reward, apabila masyarakat jadi contoh berprilaku sehat dan hasilnya kelihatan daerah sekitarnya bebas covid," urai Syafri.

Syafri melanjutkan, fokus penanganan saat ini memamg mendorong pelaksananan edukasi. Salah satu upaya dalam program trisula yang dijalankan gugus tugas, selain massive tracking dan intensive testing.

Selain rencana pemberian reward, sosialisasi dan edukasi ini akan dimasifkan melalui pelaksanaan kampanye massal yang diharao bisa digelar dalam waktu dekat. Kampanye terkait pelaksanaan protokol kesehatan yang rencananya akan digelar serentak di 24 kabupaten/kota di Sulsel.

Dalam pelaksanaan edukasi ini, peran RT/RW diharap jadi garda terdepan. Untuk mendorong kesadaran masyarakat. "Jadi pencegahan yang dimaksud edukasi secara masif di tingkat RT/RW," tegas Syafri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)