4 Cara Efektif Mengatasi Vertigo yang Kerap Menyerang Tiba-tiba

Jum'at, 10 Juni 2022 - 10:14 WIB
loading...
4 Cara Efektif Mengatasi Vertigo yang Kerap Menyerang Tiba-tiba
Ada beberapa cara efektif yang dapat dilakukan untuk mengatasi vertigo yang kerap menyerang tiba-tiba. Foto/Plossa
A A A
MAKASSAR - Vertigo adalah sensasi tiba-tiba kehilangan keseimbangan, terutama terkait dengan perasaan melihat ke bawah dari ketinggian.

Ini juga bisa terasa seperti Anda berputar atau ruangan di sekitar Anda berputar. Serangan vertigo dapat berlangsung selama beberapa detik atau bertahan selama beberapa jam dan bahkan berhari-hari.

Vertigo dianggap sebagai gejala, bukan suatu kondisi, dan telah dikaitkan dengan infeksi telinga seperti Benign paroxysmal positional vertigo (BPPV), penyakit Meniere, dan neuritis vestibular.

Meskipun penyakit-penyakit ini berbeda, mereka mempengaruhi telinga dengan cara yang sama dengan mempengaruhi keseimbangan otak.



Sekitar 30 persen orang akan menderita vertigo setidaknya sekali dalam hidup mereka, dan itu adalah gejala yang sangat sering terjadi pada pasien darurat. Untungnya, sebagian besar gejala vertigo dapat diobati dengan sukses.

Dilansir dari webmd, berikut ini cara mudah yang bisa dilakukan jika vertigo tiba-tiba menyerang.

1. Berbaring sejenak

Jika Anda mengalami serangan vertigo, hal terbaik yang harus dilakukan adalah berbaring di ruangan yang sunyi dan gelap, tutup mata Anda, dan tarik napas dalam-dalam.

Ini dapat membantu meringankan gejala mual dan mengurangi sensasi berputar. Penting juga untuk menghindari situasi stres karena kecemasan dan kemarahan dapat memperburuk gejala vertigo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)