Selangkah Lagi, Geopark Maros-Pangkep Menuju Warisan Dunia UNESCO

Jum'at, 10 Juni 2022 - 23:36 WIB
loading...
Selangkah Lagi, Geopark Maros-Pangkep Menuju Warisan Dunia UNESCO
Menparekraf Sandiaga Uno saat mengunjungi kawasan karst yang masuk Geopark Maros-Pangkep. Foto/Instagram
A A A
MAKASSAR - Kawasan Geopark Maros Pangkep terus digodok agar tercatat sebagai warisan dunia Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UNESCO. Dalam waktu dekat, tim asesor dari UNESCO akan melakukan asesmen di dua kawasan tersebut.

Rencananya, asesmen bakal dilakukan selama tiga hari oleh dua orang asesor, yaitu Dr Martina Paskova, warga negara Ceko yang merupakan Asisten Profesor Geografi di University of Hradec Králové (Ceko). Paskova telah terlibat dalam gerakan geopark selama hampir empat belas tahun.



Asesor kedua adalah Jakob Wallge Hansen, warga negara Denmark yang merupakan Kepala Penjangkauan dan Pendidikan Geopark Global UNESCO Odsherred dan Ketua Masyarakat Geologi Denmark.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sulawesi Selatan, Muh. Jufri mengatakan, tim asesor akan melakukan asesmen selama 3 hari, terhitung mulai 15-17 Juni 2022.

Jufri membeberkan Komite Nasional Geopark Indonesia sendiri sudah melakukan pra-asesmen. Hasilnya, ada sejumlah catatan yang perlu ditindaklanjuti oleh Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep sebelum menyambut asesor UNESCO.

Setidaknya, ada 17 halaman yang dipaparkan oleh Komite Nasional Geopark Indonesia. Di antaranya terkait aspek kebersihan dan keamanan.

"Hasil pra asesmen itu kami tindaklanjuti untuk dijadikan prioritas. Jadi antisipasi detail sudah dilakukan oleh Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep bersama dengan Disbudpar Sulsel, juga pemerintah kabupaten setempat," katanya.

Sekretaris Disbudpar Sulsel, Devo Khaddafi menuturkan, ada 6 indikator utama yang menjadi aspek penilaian dari tim asesor UNESCO. Yaitu aspek Geosite, Biosite, Culturesite, aspek konservasi, penelitian pendidikan, serta aspek kemitraan dan pemberdayaan masyarakat.

"Ini akan menjadi kebanggaan buat kita apabila kawasan Geopark Maros Pangkep bisa tercacat sebagai warisan dunia. Tentunya ini juga akan menjadi nilai tambah bagi industri pariwisata Sulsel," jelas Devo.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2464 seconds (0.1#10.140)