Pemkab Lutra Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Perangkat Desa

Minggu, 12 Juni 2022 - 07:26 WIB
loading...
Pemkab Lutra Bimtek Peningkatan Kapasitas Aparatur Perangkat Desa
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. Foto/Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara menggelar bimbingan teknis (Bimtek) peningkatan kapasitas aparatur perangkat desa dalam pengelolaan aset desa berbasis aplikasi untuk mencegah penyimpangan, Jumat (11/6/22).

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Koordinator Kejati Sulsel Hasnadirah, Plt Kanit Ditreskrimsus Polda SulSel, AKP Jabbar, Kajari Masamba Haidar, Kepala Dinas PMD, Drs Misbah, Kepala Desa dan Bendahara se-Kabupaten Luwu Utara .



Ketua LFMPD (Lembaga Fasilitas Manajemen Pemerintahan Daerah), Andi Muafiah mengatakan jumlah peserta yang mengikuti Bimtek sebanyak 311 orang yang terdiri dari Kepala Desa dan Bendahara.

"Dengan perubahan teknologi yang semakin pesat kita harus mencari cara baru untuk menemukan solusi dalam era globalisasi," ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara , Indah Putri Indriani mengatakan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapabilitas dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Kepala Desa beserta aparatnya.

Utamanya dalam pengelolaan sumber daya berupa aset yang berbasis aplikasi untuk mewujudkan administrasi desa yang transparan, akuntabilitas, efektif dan efisien.

Menurut Indah, sistem pengelolaan aset desa merupakan aplikasi yang dikembangkan Kementrian Dalam Negeri untuk memudahkan pemerintah desa dalam pengelolaan aset desa.

Aplikasi itu diharapkan dapat membantu pengawasan, monitoring, evaluasi serta pengendalian dalam rangka pelaksanaan fungsi pembinaan dan pengawasan pengelolaan aset desa untuk meminimalisir praktek penyimpangan.

"Hari ini kita lakukan setidaknya bisa diintegrasikan dengan sebaik-baiknya supaya pelatihan yang sudah dilakukan betul-betul diimplementasikan di lapangan khususnya dalam pemerintahan desa," kata dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3302 seconds (0.1#10.140)