Dinkes Luwu Utara Bentuk 8 Pelayanan Dukungan Pengobatan HIV/AIDS

Minggu, 12 Juni 2022 - 14:12 WIB
loading...
Dinkes Luwu Utara Bentuk 8 Pelayanan Dukungan Pengobatan HIV/AIDS
Pertemuan Sistem Pencatatan Pelaporan Sistem Informasi HIV/AIDS (SIHA), di Masamba, Sabtu (11/6/2022). Foto/Istimewa
A A A
LUWU UTARA - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Luwu Utara (Lutra) melalui Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) membentuk delapan Pelayanan Dukungan Pengobatan (PDP).

Pembentukan delapan PDP ini sebagai terobosan baru dalam rangka pengendalian HIV/AIDS . Hal itu ditegaskan Kepala Dinkes Lutra, Marhani Katma, dalam Pertemuan Sistem Pencatatan Pelaporan Sistem Informasi HIV/AIDS (SIHA), di Masamba, Sabtu (11/6/2022).

"Kita membentuk delapan PDP ini untuk mencapai 3 Zero, yaitu tidak ada infeksi baru HIV, tidak ada kematian akibat AIDS serta tidak ada stigma dan diskriminasi untuk mencapai eliminasi HIV pada 2030," katanya.



Marhani Katma menyebutkan, tujuan dari PDP ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kesehatan agar semua orang dengan HIV/AIDS (ODHA) mendapatkan pelayanan standar dan akses yang lebih mudah dan cepat.

"Kita berharap delapan PDP yang kita bentuk ini nantinya bisa berkontribusi dalam mencapai target eliminasi HIV pada 2030 mendatang, yaitu 3 zero tadi," jelas mantan Direktur RSUD Andi Djemma Masamba ini.

Untuk mendukung peningkatan kualitas pelaporan informasi HIV/AIDS, delapan PDP ini mengikuti pertemuan Sistem Pencatatan Pelaporan Sistem Informasi HIV/AIDS (SIHA) sebagai upaya penguatan keberadaan.

"Semua layanan puskesmas yang telah dibentuk PDP ini wajib mengikuti pertemuan Sistem Pencatatan Pelaporan Sistem Informasi HIV/AIDS (SIHA) untuk meningkatkan kualitas pelaporan, sehingga menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk intervensi penyakit HIV/AIDS," tandas Marhani.



Berikut delapan Pelayanan Dukungan Pengobatan (PDP) yang telah dibentuk:

1. Puskesmas Sukamaju
2. Puskesmas Malangke
3. Puskesmas Tanalili
4. Puskesmas Bonebone
5. Puskesmas Sabbang
6 Puskesmas Sabbang Selatan
7. Puskesmas Lara
8. RSUD Andi Djemma Masamba

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3984 seconds (0.1#10.140)