Dukung Pariwisata di Pulau Buton, PLN Perkuat Infrastruktur Ketenagalistrikan

Minggu, 12 Juni 2022 - 15:40 WIB
loading...
Dukung Pariwisata di Pulau Buton, PLN Perkuat Infrastruktur Ketenagalistrikan
PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi melalui PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tenggara (UPP Sultra) melaksanakan pemberian tegangan pertama (Energize) bagi 3 Infrastruktur Ketenagalistrikan di Baubau. Foto: Istimewa
A A A
BAUBAU - PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi melalui PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Tenggara (UPP Sultra) memperkuat infrastruktur ketenagalistrikan dengan pemberian tegangan pertama (Energize) 3 Infrastruktur di Baubau pada tanggal 10 Juni 2022 pukul 13.48 WITA.

Pembangunan ketiga infrastruktur ketenagalistrikan yang tertuang dalam RUPTL 2021 - 2030 tersebut di antaranya; Gardu Induk (GI) 150kV PLTMG Baubau berkapasitas 30 MVA, Gardu Induk (GI) 150kV Baubau (New) berkapasitas 60 MVA dan Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150kV GI PLTMG Baubau – GI Baubau (New) dengan jumlah tower sebanyak 32 tower sepanjang 10,96 KMS.



General Manager PLN UIP Sulawesi , Defiar Anis menjelaskan, beroperasinya ketiga infrastruktur ketenagalistrikan ini bertujuan untuk mengoptimalkan evakuasi daya dari PLTU Baruta dan PLTMG Baubau, meningkatkan keandalan sistem Baubau, memenuhi kebutuhan listrik, serta mendukung pertumbuhan sektor pariwisata dan kelautan di Pulau Buton.

“Sebelumnya evakuasi daya dari PLTU Baruta dan PLTMG Baubau melalui sistem 20kV. Dikarenakan semakin bertambahnya beban sistem maka dengan adanya saluran transmisi dan GI 150 kV ini penyaluran daya ke pusat beban dapat lebih optimal, andal dan membantu menurunkan angka BPP,” ujar Anis.

Anis menambahkan, Buton kaya akan potensi pariwisatanya yang beragam. Mulai dari wisata pantai dan pesona bawah laut, wisata air terjun, wisata budaya, kuliner hingga eco forest tourism. Tidak hanya itu Buton juga dikenal sebagai salah satu daerah penghasil aspal alam terbesar di dunia. Ditambah lagi potensi sektor kelautan dan perikanan terus berkembang.

“Banyaknya potensi di berbagai sektor yang ada di Pulau Buton harus dibarengi dengan pemenuhan kebutuhan listrik yang memadai agar bisa dimanfaatkan dengan maksimal. Untuk itu, PLN UIP Sulawesi berkomitmen dalam menyediakan pasokan listrik yang andal pagi pelanggan yang ada di Pulau Buton melalui pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, Manager PLN UPP Sultra Hidbar Roberta Saragih menyampaikan apresiasinya terhadap semua pihak yang berkontribusi atas pencapaian ini.



“Keberhasilan Energize GI 150kV PLTMG Baubau, GI 150kV Baubau (New), dan SUTT 150kV GI PLTMG Baubau – GI Baubau (New) merupakan buah kerja keras dan sinergi yang dilakukan PLN, mitra kerja dan stakeholder terkait. Selain itu dukungan dari pemerintah dan masyarakat kota Baubau menjadi pemantik semangat bagi kami dalam menyelesaikan pembangunan ini” pungkasnya.

“Setelah ini PLN akan melanjutkan pembangunan SUTT 150 kV Raha-Baubau yang merupakan salah satu dari rangkaian saluran transmisi yang masuk dalam rencana interkoneksi Baubau-Kendari,” tutup Hidbar.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1819 seconds (0.1#10.140)