alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Tingkatkan Pembangunan, Pemkot Makassar Maksimalkan Dana CSR

Vivi Riski Indriani
Tingkatkan Pembangunan, Pemkot Makassar Maksimalkan Dana CSR
Ilustrasi/SINDOnews

MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus berupaya mendorong peningkatan pembangunan daerah. Salah satunya dengan memaksimalkan dana CSR dari semua perusahaan baik swasta maupun pemerintah (BUMN).

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Hadijah Iriani meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar lebih jeli lagi dalam melihat kebutuhan masyarakat, sehingga perusahaan bisa berkontribusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Terlebih, kata dia, dari ribuan perusahaan yang ada tidak sampai 100% yang memberikan kontribusi kepada pemerintah dan masyarakat. Alasannya, mayoritas perusahaan itu tidak mengetahui bagaimana cara mereka menyalurkan bantuan ke pemerintah.

Dewan TSLP sebagai induk organisasi independen yang bermitra dengan pemerintah ini, nantinya akan menyuarakan kebutuhan-kebutuhan yang diusulkan kepada perusahaan.

Menurut dia, jika tidak ada usulan dari OPD terkait, maka akan sulit bagi dewan TSLP untuk memetakan kebutuhan masyarakat yang menjadi skala prioritas.

"Kita minta agar SKPD memasukkan kebutuhan masyarakat diluar APBD kita. Mereka (Dewan TSLP)  tidak bisa ngapa-ngapain kalau tidak ada masukkan dari kalian (SKPD)," kata dia.

Tahun ini ada lima program yang dicanangkan pemerintah,  diantaranya Makasssar Tidak Rantasa (MTR), BULo, Pendidikan, Kesehatan, dan Pariwisata. Tugas dewan TSLP adalah membantu mensukseskan program pemerintah. Jadi, apa saja yang dibutuhkan pemerintah diluar kemampuan APBD diharapkan bisa tercover melalui dana CSR.

Misalnya, di bidang pendidikan masyarakat masih membutuhkan PAUD, serta keberadaan posyandu yang masih menjadi keluhan masyarakat di bidang kesehatan.

"Ini program kerja pemerintah yang tidak di cover oleh APBD. Jadi, tahun depan kita evaluasi lagi, apa yang masih kurang, kalau dinilai sudah cukup kita pindah. Makanya, kita minta seluruh SKPD jeli memasukkan program yang tidak di cover oleh APBD," jelas dia.

Sementara itu, Plt Sekkot Makassar, Andi Muh Yasir menambahkan usulan dari seluruh SKPD dinilai penting agar dewan TSLP bisa memetakan program yang menjadi skala prioritas. Pasalnya, dewan TSLP berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan pemerintah kota dengan seluruh pelaku usaha.

"Ini kita pertemukan seluruh SKPD dengan dewan TSLP, sehingga usulan dari SKPD ini dapat dipetakan dewan TSLP. Maksudnya disusun berdasarkan skala prioritas baru kita tawarkan kepada perusahaan," jelas Yasir.

Harapnya agar perusahaan yang ada bisa memenuhi kebutuhan masyarakat yang tidak diakomodir oleh APBD dan APBN.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
sindonews ads