Petani Bulukumba Beri Apresiasi Program Mandiri Benih

Selasa, 14 Juni 2022 - 15:02 WIB
loading...
Petani Bulukumba Beri Apresiasi Program Mandiri Benih
Petani di Kabupaten Bulukumba memberikan apresiasi terhadap program Mandiri Benih dari Pemprov Sulsel, yang digagas oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Foto/Dok Pemprov Sulsel
A A A
BULUKUMBA - Petani di Kabupaten Bulukumba memberikan apresiasi terhadap program Mandiri Benih dari Pemprov Sulsel. Lewat program yang digagas oleh Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, kini para petani mendapatkan benih unggul gratis.

Dukungan sekaligus apresiasi itu disampaikan oleh petani Bulukumba saat berdialog bersama Gubernur Sudirman saat meninjau program Mandiri Benih, yang mulai tumbuh di Dusun Polewali, Desa Salemba, Kecamatan Ujung Loe, Kabupaten Bulukumba, Senin (13/6/2022).



Salah seorang petani Bulukumba, Ramlan, mengaku benih dari program Mandiri Benih yang digagas oleh Gubernur Sulaiman sangat bagus.

“Bagus ji, tumbuh, beda kualitasnya (dengan benih lainnya), cocok dengan kondisi tanah kami di sini, karena ditangkar di Bulukumba sendiri. Terima kasih banyak Pak Gubernur, Bapak Andi Sudirman Sulaiman atas bantuan benih unggul gratisnya," ungkap dia, dalam keterangan pers yang diterima SINDOnews, Selasa (14/6/2022).

Hal serupa diungkapkan oleh Muhammad Nasir selaku Ketua Kelompok Tani Kapasa 2 di Desa Salembang. Ia juga merasakan dampak atas bantuan Mandiri Benih oleh Pemprov Sulsel.

“Alhamdulillah, sangat bagus, pokoknya bagus mutunya, mulai tumbuh. Ucapan terima kasih dan syukur atas bantuan bapak Gubernur. Semoga hasilnya memuaskan,” tutur dia.

Ia pun menaruh asa dengan adanya bantuan benih gratis ini akan dapat meningkatkan hasil pertanian masyarakat.



Untuk di Bulukumba, Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (TPHBun) Sulsel telah menyalurkan bantuan benih Mandiri Benih untuk musim tanam 1 (April-September) sebanyak 67.825 kg atau 67,825 ton. Benih unggul itu akan ditanam di lahan pertanian seluas 2.713 hektar sawah. Pemprov Sulsel pun juga bakal menyalurkan kembali untuk musim tanam ke-2 nantinya.

Diketahui, Mandiri Benih merupakan program Pemprov Sulsel yang diinisiasi oleh Gubernur Sudirman untuk memberikan bantuan benih gratis yang unggul. Selain itu, benih yang dibagikan ke masyarakat minim penggunaan bahan kimia dan penangkaran dilakukan di Sulsel sendiri oleh Instalasi kebun benih milik Pemprov Sulsel kerja sama dengan para petani penangkar.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1639 seconds (0.1#10.140)