TOPIK TERPOPULER

Bupati Pangkep Dorong Peningkatan PAD Lewat Pembinaan Usaha Ternak

Muhammad Subhan
Bupati Pangkep Dorong Peningkatan PAD Lewat Pembinaan Usaha Ternak
Bupati Pangkep Muh Yusran Lalogau. Foto/Dok SINDOnews

PANGKEP - Bupati Pangkep, Muhammad Yusran Lalogau (MYL), mendorong Dinas Pertanian maupun instansi terkait untuk membina pelaku usaha ternak demi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Toh, potensi PAD dari sektor peternakan di wilayahnya cukup menjanjikan. Selain itu, sektor peternakan bila dibina dengan baik akan mampu menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

"Melalui kegiatan ini, ke depannya kita harapkan penyuluh dari Dinas Pertanian bisa membantu para pelaku usaha dalam meningkatkan usaha peternakan di Kabupaten Pangkep. Melalui potensi potensi ternak yang lumayan banyak di Pangkep, dengan komitmen pemerintah daerah akan membantu juga dalam peningkatan PAD," kata Bupati MYL, pada sosialisasi bersama pelaku usaha ternak, Rabu (15/6/2022).

Baca Juga: Bupati Pangkep Luncurkan Program Bersih Lingkungan

Dalam pertemuan tersebut, Bupati MYL juga menyampaikan, persoalan izin bagi pelaku usaha tidak perlu dikhawatirkan. Ke depannya di Pangkep akan berjalan Mal Pelayanan Publik yang bisa dilakukan secara online.

"Secara online ini akan menghindari kejadian pungli, terkait persoalan izin," katanya.

Sementara itu, salah seorang pelaku usaha, Haji Ulla, menuturkan jika salah satu persoalan bagi pelaku ternak yaitu perizinan. Katanya, di Pangkep ada lebih dari 200 rumah potong di Pangkep, hanya sekitar 30 rumah potong yang terdaftar di Dinas Pertanian. Hal itu ke depannya akan menjadi kecemburuan sosial di antara para pelaku rumah potong.

Baca Juga: Bupati Pangkep Launching Motor Pengangkut Sampah Kelurahan

"Perizinan tentang pelaku ternak dan rumah potong hewan, kami berharap pemerintah daerah membantu dalam penerbitannya. Dan juga berharap bantuan modal usaha dari pemerintah daerah," katanya.

Kepala Dinas Pertanian Pangkep, Andi Agustina, menuturkan tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk meningkatkan PAD dan menertibkan para pelaku usaha peternakan, sehingga mampu berkontribusi pada Dinas Pertanian dan juga menambah wawasan para pelaku usaha peternakan.



(tri)

TULIS KOMENTAR ANDA!