392 Jamaah Calon Haji Embarkasi Makassar Berangkat ke Madinah

Jum'at, 17 Juni 2022 - 09:18 WIB
loading...
392 Jamaah Calon Haji Embarkasi Makassar Berangkat ke Madinah
Sebanyak 392 JCH yang tergabung dalam kloter pertama, diberangkatkan dengan penerbangan langsung ke Madinah dari Bandara Sultan Hasanuddin. Foto/Istimewa
A A A
MAROS - Sebanyak 392 jamaah calon haji (JCH) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) pertama, diberangkatkan dengan penerbangan langsung ke Madinah dari Bandara Sultan Hasanuddin.

General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Sultan Hasanuddin, Wahyudi menuturkan, pemberangkatan JCH kloter pertama ini dilakukan pada pukul 01.5 WITA, dengan menggunakan maskapai Garuda Indonesia bernomor penerbangan GA1101.



Dia menambahkan, sebagai pengelola bandara, pihak Angkasa Pura Airports Bandara Internasional Sultan Hasanuddin telah menyiapkan kebutuhan demi kelancaran pelaksanaan haji 2022.

"Kami telah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Otoritas Bandara, Kementerian Agama Sulsel, Airnav Makassar, TNI AU, PHRI, Imigrasi, Beacukai, Kantor Kesehatan Pelabuhan Makassar, Garuda Indonesia, Gapura dan pihak lainnya untuk memastikan operasional berjalan dengan baik dan lancar," ujar Wahyudi.

Dari sisi bandara, kata Wahyudi, pihak Angkasa Pura Airports selalu memastikan agar alat produksi seperti runway, taxiway dan apron siap digunakan. Selain itu, menempatkan personel Aviation Security (AVSEC) yang akan bertugas melakukan pemeriksaan barang dan penumpang.

Karenanya ada beberapa petugas yang dilibatkan untuk melakukan pemeriksaan kepada penumpang pesawat. Terdapat 12 personel AVSEC untuk melakukan pemeriksaan penumpang dan 6 personel AVSEC untuk pemeriksaan bagasi.

"Semua pemeriksaan baik dokumen, imigrasi dan keamanan dilakukan di Asrama Haji pada saat proses keberangkatan. Sehingga begitu tiba di Bandara, JCH tinggal naik pesawat tanpa melalui pemeriksaan lagi," terang Wahyudi.



Berdasarkan data yang ada, secara keseluruhan JCH yang akan diterbangkan melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sekitar 7.234 jamaah. Jumlah ini terbagi menjadi 19 kloter. Jadwal keberangkatan atau embarkasi akan dilakukan pada 17 Juni sampai 3 Juli 2022.

Sedangkan jadwal kedatangan atau debarkasi akan dilakukan pada 27 Juli sampai 12 Agustus 2022. Seluruh penerbangan haji dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin akan dilayani oleh Garuda Indonesia tipe Boeing 777-300ER dengan kapasitas 393 penumpang.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2024 seconds (0.1#10.140)