PKK-USAID Jalin Kerja Sama Lindungi Ibu Hamil dan Anak dari COVID-19

Rabu, 24 Juni 2020 - 15:41 WIB
loading...
PKK-USAID Jalin Kerja Sama Lindungi Ibu Hamil dan Anak dari COVID-19
Ketua TP PKK Sulsel Lies F Nurdin menerima rombongan dari USAID Jalin dalam rangka kerja sama untuk melindungi ibu hamil dan anak dari COVID-19. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Tim Penggerak PKK Sulsel akan bekerja sama dengan USAID Jalin guna melindungi ibu hamil dan anak dari COVID-19 . Kerja sama ini juga melibatkan Forum CSR Sulsel.

Ketua Tim Penggerak PKK Sulsel , Lies F Nurdin, mengungkapkan jumlah anak usia 10 tahun ke bawah yang terpapar virus corona cukup banyak yakni mencapai 142 orang. Karena itu, perlu upaya masif untuk melindungi mereka.

"Selama ini kan banyak yang mengira anak-anak tidak kena COVID-19. Ternyata sekarang jumlahnya cukup banyak," kata Lies, Rabu (24/6/2020).

Untuk memberikan pengertian kepada anak-anak mengenai bahaya COVID-19, PKK Sulsel akan melakukan sosialisasi dalam bentuk yang berbeda. Antara lain kata Lies, melalui lagu, buku cerita, hingga tayangan di televisi.

"Kita buat semenarik mungkin dan sesuai dengan tingkat pemahaman anak-anak kita. Tentang pentingnya memakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Kecuali anak usia 2 tahun ke bawah, memang tidak dianjurkan memakai masker," ujarnya.



Menurut Lies, salah satu yang juga menjadi kendala saat ini, khusus untuk anak-anak yang masih membutuhkan vaksin atau imunisasi, para ibu was-was membawa mereka ke puskesmas atau rumah sakit karena takut tertular COVID-19. Begitupun dengan ibu hamil, khawatir memeriksakan kandungannya.

"Ini harus kita pikirkan ke depan, seperti apa solusinya. Mungkin kita harus mengumumkan, puskesmas dan rumah sakit mana saja yang bebas COVID-19. Sehingga, ibu-ibu tidak lagi khawatir," terangnya.

Sementara itu, Regional Manager USAID Jalin Sulsel, dr Aty Uleng Hamid, menuturkan pihaknya fokus pada ibu hamil dan bayi baru lahir sampai berumur satu bulan. Ia mengakui ada kekhawatiran bagi ibu hamil untuk memeriksakan kandungannya ke pusat pelayanan kesehatan, akibat pandemi corona.

"Kami siap bekerjasama dengan PKK Sulsel," kata dr Aty.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3489 seconds (0.1#10.140)