Kemenag Minta Jamaah Calon Haji Tanggalkan Ego Primordial

Jum'at, 17 Juni 2022 - 15:36 WIB
loading...
Kemenag Minta Jamaah Calon Haji Tanggalkan Ego Primordial
Ratusan Jamaah Calon Haji yang tergabung dalam Kloter 2 Embarkasi Makassar saat diterima di Aula Arafah Asrama Haji, Jumat (17/6/2022). Foto/SINDOnews/Najmi Limonu
A A A
MAKASSAR - Kepala Bidang Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Selatan ( Kemenag Sulsel ), Mulyadi Iskandar Idy, menerima 393 Jemaah Calon Haji (JCH) yang tergabung dalam kloter 2. Ratusan JCH ini merupakan gabungan dari tiga kabupaten di Sulsel yakni Gowa, Maros dan Sidrap.

Pada kesempatan itu, Mulyadi meminta agar para JCH menanggalkan sifat primordialisme atau ego kedaerahan selama melaksanakan ibadah haji. Karena sejak masuk ke Asrama Haji Embarkasi Makassar, maka mereka semuanya adalah satu.



"Jangan munculkan sifat primordialisme atau ego kedaerahan masing-masing. Jamaah Calon Haji Kloter II Embarkasi Makassar sejak memasuki Asrama Haji Sudiang ini adalah satu. Kita semua satu, yaitu jemaah haji Indonesia embarkasi Makassar," ungkap Mulyadi, saat menerima secara resmi Kloter II di Aula Arafah Asrama Haji, Jumat (17/6/2022).

Dia melanjutkan, begitu juga sesampainya di Tanah Suci. Karena apapun itu, kata dia, jamaah haji dari daerah manapun asalnya semua sama di hadapan Allah SWT.

Sebelumnya, berturut-turut perwakilan dari Pemerintah Kabupaten Sidrap, Gowa dan Maros menyampaikan sambutan penyerahan jemaahnya kepada PPIH embarkasi Makassar.

JCH asal Kabupaten Sidrap diserahkan oleh Asisten satu Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab Sidrap, Rohadi Ramdhan. Sementara JCH Kabupaten Gowa diantar dan diserahkan oleh Sekretaris Kabupaten Gowa, Kamsina. Kemudian JCH asal Maros diserahkan oleh Asisten satu Pemkab Maros, Agustam.



Adapun rincian jumlah JCH Kloter II embarkasi Makassar yakni 116 JCH asal Kabupaten Sidrap, 195 JCH asal Kabupaten Gowa dan 78 JCH asal Kabupaten Maros. Selama pelaksanaan ibadah haji, JCH akan didampingi 6 petugas kloter.

Berdasarkan jadwal yang dirilis oleh PPIH embarkasi Makassar, Kloter II akan menginap selama 1 malam di Asrama Haji Makassar dan akan diterbangkan ke Madinah pada hari Sabtu 18 Juni 2022 pukul 10.30 WITA dengan pesawat Garuda Flight Numbers 1102.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9137 seconds (0.1#10.140)