TOPIK TERPOPULER

Legislator Makassar Minta Pelibatan Polisi dalam Penanganan Anjal

Syamsi Nur Fadhila
Legislator Makassar Minta Pelibatan Polisi dalam Penanganan Anjal
Keberadaan anak jalanan, gelandangan dan pengemis di bawah jembatan fly over, Jalan Urip Sumohardjo, Makassar. Foto : Dok/SINDOnews

MAKASSAR - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, Yeni Rahman, meminta pelibatan aparat kepolisian dalam penanganan anak jalanan (anjal). Menurutnya, dengan pelibatan kepolisian maka penanganan anjal bisa lebih maksimal.

"Kalau pihak kepolisian dilibatkan, pasti bisa ditahu. Orang yanb berhari-hari saja hilang bisa ketemu, apalagi anjal," kata Yeni.

Baca Juga: 308 Anjal-Gepeng di Kota Makassar Berhasil Dijaring 

Dalam penelusuran lokasi-lokasi anak jalanan, menurut dia, bukan perkara sulit. Pemerintah kota dalam hal ini Dinas Sosial bisa memanfaatkan Closed Circuit Television atau CCTV yang dipasang di sejumlah sudut kota, khususnya di lampu merah.

Dari situ juga, bisa diamati anak jalanan yang dieksploitasi oleh orang tuanya ataupun diorganisir oleh pihak lain. "Kan ada CCTV dan tempat-tempat anjal itu sudah jelas lokasinya. Itu bisa dipantau di situ," ungkap legislator Makassar itu.

Bagi orang tua yang mengeksploitasi anaknya di jalanan, lanjut Yeni, seharusnya diberikan punishment atau hukuman agar mereka jera dan tidak lagi memanfaatkan anak-anaknya untuk mengemis.

"Harusnya ada punishment kepada orang tua karena tanggung jawab anak ada pada orang tua. Bisa juga memberikan sanksi sosial. Misal dilaporkan ke RT/RW agar tidak diakomodir KIS (Kartu Indonesia Sehat)-nya. Sudah hukuman keras sekali itu kalau menggunakan KIS," beber politisi Partai Keadilan Sejahtera ini.

Untuk eksploitasi yang dilakukan pihak luar diakuinya memang agak sulit untuk diselesaikan. Namun aktivitas anak jalanan yang terorganisir cukup mudah diidentifikasi.

"Misal ada yang bawa kotak sumbangan, membawa kemoceng, atau membaca doa. Itu kan di beberapa titik begitu semua. Itu tandanya ada yang mengorganisir," tuturnya.

"Jadi memang beberapa LSM juga pesimis terselesaikan anjal karena butuh keberanian dari Pemkot, dan saya sepakat harus dilibatkan Kapolrestabes," tandas Yeni.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!