TOPIK TERPOPULER

Legislator Demokrat Rezki, Ingatkan Warga Pentingnya Pengelolaan Sampah

Syamsi Nur Fadhila
Legislator Demokrat Rezki, Ingatkan Warga Pentingnya Pengelolaan Sampah
Rezki berfoto bersama pemateri dan peserta sosialisasi perda di Karebosi Premier Hotel, Minggu (19/6/2022). Foto: SINDOnews/Syamsi Nur Fadhila

MAKASSAR - Anggota DPRD Kota Makassar, Rezki, mengingatkan warga akan pentingnya pengelolaan sampah yang baik dan benar. Pasalnya, saat ini masih banyak masyarakat yang minim kesadaran dalam mengelola sampah.

Hal itu ia sampaikan saat menggelar Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar Nomor 4 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Sampah di Karebosi Premier Hotel, Minggu (19/6/2022).

Baca juga: Legislator Makassar Rezki Ajak Masyarakat Ciptakan Ruang Terbuka Hijau

Menurut Rezki, masih banyak masyarakat yang berpendapat bahwa setiap sampah yang dihasilkan bukan lagi urusan pribadi, tapi menjadi urusan tukang sampah yang telah dibayar. Padahal, persoalan sampah adalah persoalan yang harus diselesaikan bersama.

"Kita tidak boleh egois. Banyaknya sampah di sekitar kita tentu membuat kita tidak nyaman, selain menimbulkan bau yang tidak sedap juga dapat menjadi sarang penyakit," ucap legislator Partai Demokrat ini.

Anggota Komisi B ini mengatakan, kurangnya kesadaran masyarakat dalam pengelolaan sampah juga disebabkan karena minimnya edukasi terkait sampah. Banyak masyarakat yang belum mengetahui apa itu sampah, apa itu pengelolaan sampah, apa penyebab sampah menumpuk lalu apa akibatnya.

"Sampah itu sendiri banyak sekali macam dan jenisnya, dan cara pengelolaannya pun tidak boleh sembarangan. Beberapa sampah bahkan bisa bernilai ekonomis kalau dimanfaatkan dengan baik," tuturnya.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat untuk berani menerapkan gaya hidup baru dengan melakukan pengelolaan sampah yang baik. Dengan begitu, lingkungan bisa lebih terjaga dan tidak lagi ada penumpukan sampah yang menggunung di Tempat Pembuangan Akhir atau TPA.

Baca juga: Legislator Makassar Minta Pelibatan Polisi dalam Penanganan Anjal

Akademisi Mukhtar Tahir membeberkan, kehadiran Perda tentang pengelolaan sampah menjadi penting sebagai patokan dalam menjaga kebersihan kota. Perda itu menjadi pegangan bagi setiap individu di Kota Makassar untuk bertanggung jawab atas setiap sampah yang dihasilkan.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!