TOPIK TERPOPULER

Lepas 80 JCH asal Barru, Bupati Suardi Berpesan Soal Ini

Muhammad Subhan
Lepas 80 JCH asal Barru, Bupati Suardi Berpesan Soal Ini
Bupati Barru, Suardi Saleh, menyampaikan sejumlah pesan saat melepas keberangkatan JCH asal Barru di Baruga Singkeru Adae, Senin (20/6/2022). Foto/Dok Pemkab Barru

BARRU - Bupati Barru, Suardi Saleh, bersama unsur forkopimda menyambut dan melepas Jamaah Calon Haji (JCH) di Baruga Singkeru Ada'e, Senin (20/6/2022). Total ada 80 JCH asal Barru yang dilepas dan nantinya tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 4 embarkasi Makassar.

Bupati Suardi bahkan memimpin para JCH untuk melafalkan kalimat talbiyah. "Talbiyah adalah pemenuhan, jawaban dan pengabulan terhadap sebuah panggilan dengan niat dan ikhlas. Talbiyah berarti ungkapan kalimat yang diucapkan untuk memenuhi panggilan Allah SWT dalam keadaan ihram haji atau umrah," kata dia.

Baca Juga: 516 Calon Jamaah Haji Makassar Siap Berangkat ke Tanah Suci

Bupati Suardi mengungkapkan rasa syukur karena pelaksanaan ibadah haji tahun ini sudah kembali dilaksanakan, meski Pemerintah Arab Saudi memberikan batasan kuota dan umur JCH, sehingga tahun ini kuota Barru hanya 80 orang.

"Bersyukurlah karena telah menjadi pilihan Allah SWT untuk menunaikan ibadah haji, banyak memiliki kemampuan finansial tetapi belum digerakkan hatinya dan ada juga mampu dari fisik namun belum diberi kesempatan karena finansial," ungkapnya.

Bupati Suardi juga berpesan kepada seluruh JCH yang akan berangkat ke Tanah Suci agar senantiasa menjaga nama Barru, sebagaimana dalam Al Qur'an surat At Tur yaitu membawa kebaikan.

"Orang Barru selalu membawa kebaikan, persaudaraan dan kekompakan, agar pelaksanaan ibadah haji tahun ini berjalan lancar dan sukses," pesannya.

Bupati Suardi juga menekankan agar JCH menjaga kesehatan dengan baik, terlebih dengan kondisi pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya berakhir.

"Jaga suasana hati serta menghindari amalan-amalan yang tidak sesuai tuntunan agar nantinya dapat mendapatkan predikat haji mabrur, dan Saya juga berpesan terutama Aparatur Sipil Negara (ASN) fokus ibadah dan lupakan tugas kantor untuk sementara serta mempersiapkan mental," sebutnya.

Sementara, Kepala Kantor Kementerian Agama Barru, Jamaruddin, selaku kepala Staf Penyelenggaraan Ibadah Haji Kabupaten Barru menyampaikan total ada 80 JCH asal wilayahnya, dengan rincian yakni laki-laki 24 orang dan Perempuan 56 orang.

Baca Juga: Kloter Pertama Jamaah Haji Embarkasi Makassar Berangkat 17 Juni 2022

Di dalamnya termasuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Barru sebanyak 23 orang, 6 laki-laki dan 17 perempuan. Sesuai jadwal, JCH Barru diterima di Asrama Haji Sudiang pada pagi hari ini, kemudian bertolak ke Tanah Suci pada keesokan harinya.

"Insya Allah, kembali menginjak Tanah Air pada 1 Agustus 2022 dan diperkirakan lagi tiba dini hari pada 2 Agustus di Kabupaten Barru," tuturnya.



(tri)

TULIS KOMENTAR ANDA!