alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

DPRD Kota Palopo Berduka, Kehilangan Ketua Komisi I

Chaeruddin
DPRD Kota Palopo Berduka, Kehilangan Ketua Komisi I
Ketua Komisi I DPRD Palopo, H Muhammad Asli Kaspen dibakarkan meninggal dunia siang tadi. Almarhum pernah menjabat sebagai camat dan mendapat penghargaan Setya Lencana Purna Bakti 20 Tahun. Foto : Chaeruddin/SINDOnews

PALOPO - Ketua Komisi I DPRD Palopo, H Muhammad Asli Kaspen dikabarkan meninggal dunia, Senin (16/4/2018) sekitar pukul 14.00 wita. Kabar ini tentu menjadi duka mendalam bagi rekan-rekan sejawatnya di DPRD Palopo.

Politisi Partai Hanura ini dikabarkan meninggal akibat mengalami gangguan pada organ hati usai menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit PCC, Makassar.

Almarhum yang menjabat dua periode ini (2009-2014 dan 2014-2019) diketahui meninggalkan satu orang isteri bernama Hj Nurhati dan empat orang anak.

Wakil Ketua DPRD Palopo, Islamuddin dan Dahri Suli kepada SINDOnews merasa kehilangan sosok almarhum. Bagi mereka Asli Kaspen sudah dianggapnya sebagai orang tua semasa hidupnya.

"Pak Haji Asli (sapaan akrab Almarhum sesama hidupnya) sudah kami anggap sebagai orang tua kami di DPRD. Semasa hidupnya, Pak Haji Asli, sopan dalam berbicara, suara tidak keras dan banyak mempeejuangkan kepentingan masyarakat Palopo," ujar Islamuddin.

Meski Islamuddin (Demokrat) dan Dahri Suli (PKB) berbeda partai dengan Asli Kaspen namun dalam setiap pembahasan di DPRD mereka mengaku hanya beberapa kali saja berbeda pendapat.

"Pak Haji Asli sangat gigih dalam memperjuangkan suara konstituennya, beliau adalah salah seorang politisi yang memang benar-benar mengemban amanah rakyat," ujar Dahri Suli.

Informasi yang berhasil dihimpun, kesehatan H Asli Kaspen memang sering terganggu sejak 2018 ini. Meski demikian, Sekretaris Dewan, Aminullah Yuni menyampaikan dalam beberapa rapat dan paripurna penting tidak pernah absen.

"Beliau memang akhir-akhir ini sering izin berobat namun di sejumlah rapat penting dan paripurna beliau tetap hadir, Pak Haji Kaspen orang baik, dan salah seorang anggota dewan tertua di Palopo," ujarnya.

Lebih lanjut, informasi dari pihak keluarga menyebutkan almarhum rencananya akan dikebumikan Selasa (17/4/2018) besok. Arsul, salah seorang wartawan harian lokal di Palopo mengungkapkan bahwa Almarhum semasa hidupnya ramah dengan awak media.

"Beliau salah seorang mitra yang baik dan menghargai tugas-tugas wartwan saat meliput di DPRD," kunci Arsul.

Berikut Profilnya :

Nama : Drs. H. Muhammad Asli Kaspen
Ttl : Palopo, 25 Mei 1952
Alamat :  Jalan Rajawali, nomor 365 Kota Palopo

Pendidikan :
SD, 1958-1964
SMP, 1964-1967
SMA, 1967-1970
Starata 1, selesai 1987

Organisasi :

-IPNU Kabupaten Luwu
-HMI
-Senat Mahasiswa

Penghargaan : Setya Lencana Purna Bakti 20 Tahun (2006)
Jabatan di DPRD Palopo :

-Anggota Komisi II (2010)
-Anggota Badan Legislatif (2010-2012)
-Sekretaris Komisi (2011-2012)
-Ketua Komisi I (2017-2018)

(sumber Sekretariat DPRD Palopo)



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads