TOPIK TERPOPULER

Ribuan Liter BBM Bersubsidi Jenis Solar Gagal Diselundupkan ke Kolaka

Ansar Jumasang
Ribuan Liter BBM Bersubsidi Jenis Solar Gagal Diselundupkan ke Kolaka
Ditoplair Korpolairud Baharkam Polri berhasil menggagalkan penyeludupan 9.200 liter Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar. Foto/Istimewa

MAKASSAR - Ditoplair Korpolairud Baharkam Polri berhasil menggagalkan penyeludupan 9.200 liter Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi jenis solar yang hendak dibawa ke Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara.

"Dalam operasi yang dipimpin Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri atas tindak pidana penyalahgunaan Minyak dan Gas Bumi berhasil mengamankan barang bukti 9.200 liter solar," kata Komandan KP Belibis, Kompol Samsuddin, Selasa (21/6/2022).

Baca Juga: Beban Subsidi Melonjak Gegara Harga Minyak, Berpotensi Tembus Rp443,6 T



Dirinya juga bilang, penemuan itu dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat yang diterima pihaknya pada Minggu (19/6/2022). Kemudian pada saat petugas melaksanakan patroli di Perairan Muara Sungai Barengang Kabupaten Sinjai, dideteksi adanya satu unit kapal motor (KM) nelayan yang mencurigakan.

"Pada saat dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan, benar adanya ditemukan barang bukti ribuan liter BBM," sambungnya.

BBM tersebut diberangkatkan menggunakan kapal nelayan dari muara Sungai Barengang, Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan yang merupakan pesanan untuk dibawa ke Kabupaten Kolaka.

Pihaknya menemukan sekitar 250 jeriken serta 6 buat drum yang berisikan BBM jenis solar yang ditutupi tenda di atas kapal, guna mengelabui petugas.

"Pelaku mengemas BBM berupa solar tersebut ke dalam 250 jeriken dengan total isi 32 liter, sementara 200 liter lainnya dikemas ke dalam 6 drum," terangnya.

Selanjutnya, terduga pelaku beserta barang buktinya diamankan di Pos Polairud Sinjai, kemudian awak kapal dibawa ke Mako Ditpolair Polda Sulsel untuk Pemeriksaan lebih lanjut," bebernya.

halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!