alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Peran Ombudsman dalam UPP, Dorong Pelayanan Prima Kota Parepare

Darwiaty Dalle
Peran Ombudsman dalam UPP, Dorong Pelayanan Prima Kota Parepare
Sosialisasi pencegahan praktek pungli yang digelar UPP Sulsel dan memilih Parepare sebagai daerah pertama pelaksanaan kegiatan tersebut. Foto : Darwiaty Dalle/SINDOnews

PAREPARE - Kepala Kantor Ombudsman RI Perwakilan Sulsel, Subhan Djoer hadir dalam sosialisasi Unit Pemberantasan Pungutan Liar (Pungli) Sulsel di Hotel Kenari Bukit Indah, Parepare, Senin (16/4/2018).

Dalam kesempatan ini, Subhan Djoer menjelaskan, Ombudsman adalah lembaga yang dibentuk pemerintah agar masyarakat memiliki wadah untuk mengajukan laporan atau keluhan utamanya yang terkait dengan pelayanan yang tidak berjalan sebagaimana mestinya.

"Peran Ombudsman dalam UPP, mendorong hadirnya membangun pelayanan prima yang bebas pungli dan anti korupsi untuk pelayanan yang lebih baik khususnya di Wilayah Sulawesi Selatan," ujarnya.

Apalagi di kegiatan ini juga melibatkan kepala desa, kata Subhan, juga dinilai penting untuk membentuk aparatatur yang lebih transparan.

Dia menambahkan, bersama UPP, pihaknya juga akan turun meninjau dan mengevaluasi layanan dokumen kependudukan masyarakat yakni e-KTP dan akan dilakukan mensupervisi penerbitan e-KTP.

"Sudah ada kerjasama Unit PP Provinsi Sulsel dengan Ombudsman untuk melakukan mensupervisi penerbitan e-KTP," sambungnya.

Sementara itu, Pjs Wali Kota Parepare Lutfie Natsir yang juga Wakil Ketua UPP Sulsel mengatakan, sosialisasi yang melibatkan seluruh unsur terkait baik pemerintahan, TNI dan Polri tersebut, dalam rangka membangun pelayanan prima yang bebas pungli dan korupsi di wilayah Sulsel.

"Kami ingin Parepare menjadi pilar daerah yang bebas praktek pungli. Makanya, kami minta kegiatan sosialisasi pertama UUP dilaksanakan di Parepare," tegasnya

Sosialisasi, kata Lutfie yang juga Kepala Inspektorat Provinsi Sulsel, selain sebagai bentuk pencegahan juga untuk menambah pemahaman untuk seluruh pihak karena masih banyaknya  yang belum paham tentang pungli, selain maraknya laporan terkait dugaan pungli yang diterima UPP Sulsel.

Diketahui Kota Parepare merupakan daerah pertama digelarnya sosialisasi UPP Sulsel.



(bds)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads