Puting Beliung Kembali Terjang Bua Luwu, 27 Rumah Warga Rusak

Rabu, 22 Juni 2022 - 15:10 WIB
loading...
Puting Beliung Kembali Terjang Bua Luwu, 27 Rumah Warga Rusak
Kondisi rumah warga dan tiang listrik di Desa Lengkong Kecamatan Bua, roboh setelah diterjang angin puting beliung. Foto: SINDOnews/Chaeruddin
A A A
LUWU - Angin puting beliung menerjang rumah warga di Dusun Karo, Desa Lengkong, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu, Rabu (22/6/2022) dini hari. Kali ini, ada 27 rumah warga terdampak, 34 kepala keluarga dan 212 jiwa.

SINDOnews mencatat, bencana angin puting beliung sudah dua kali menerjang rumah warga di Kecamatan Bua, selama tahun 2022. Sebelumnya, pada 8 Januari 2022, angin puting beliung merusak 53 rumah warga dan sebagian rata dengan tanah.

Baca Juga: puting beliung
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Alamsyah, kepada SINDOnews melaporkan, 5 rumah warga yang rusak berat masing-masing milik Susanto, Agurdi, Nawir, Almarhum Rassengan dan rumah milik Taufiq Alimin.

"Kelima rumah yang rusak berat di atas berada di Dusun Karo, Desa Lengkong Kecamatan Bua. Rumah milik Susanto, Agurdi, Ketua BPD Desa Lengkong, Nawir, pensiunan guru, rumah milik Almarhum Rassengan dan rumah milik Taufiq Alimin," sebut Alamsyah.

" Puting beliung yang terjadi semalam juga merusak sejumlah fasilitas umum, atap SDN 479 Lengkong, merusak atap Pustu Desa Lengkong serta merobohkan pohon hingga memutus jaringan listrik di Kecamatan Bua," lanjutnya.

Baca Juga: angin kencang
"Memang hujan dulu, kemudian angin kencang. Itu lama, saya merasa rumah saya bergetar. Saya keluar rumah, ada suara gemuruh," katanya.

"Saya perkirakan pukul 00.05, karena pukul 24.00 saya keluar rumah, tidak lama gemuruh, kabel listrik bergoyang. Setelah suara gemuruh berhenti, ada yang kasih kabar,ada rumah warga terkena angin dan pohon listrik rebah," lanjut Usbir.

Baca Juga: Pemkab Luwu, menaksir kerugian warga mencapai setengah miliar rupiah. Pemkab Luwu, juga menetapkan 14 hari masa tanggap darurat di Kecamatan Bua.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)