alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Kemensos Salurkan Bantuan Rp2,2 Miliar Bagi Gepeng di Jeneponto

Arisman Majid
Kemensos Salurkan Bantuan Rp2,2 Miliar Bagi Gepeng di Jeneponto
Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan senilai Rp2,2 miliar lebih bagi gelandangan dan pengemis (gepeng) di Kabupaten Jeneponto, Sulsel. Foto : Istimewa

JENEPONTO - Sebagai langkah nyata mengatasi kemiskinan, Kementerian Sosial (Kemensos) menyalurkan bantuan senilai Rp2,2 miliar lebih bagi gelandangan dan pengemis (gepeng) di Kabupaten Jeneponto, Sulsel.

Bantuan diwujudkan dalam program “Desaku Menanti” yang berlokasi di Kampung Kesetiakawanan Sosial Baji Ati,  Desa Garassikang, Kecamatan Bangkala Barat, Kabupaten Jeneponto.

"Program ini hakekatnya untuk mengatasi kemiskinan dengan memberantas akar masalahnya. Pemerintah pusat dan daerah bersinergi  memberdayakan gelandangan dan pengemis dengan mengembalikan mereka ke desa,” kata Dirjen Rehabilitasi Sosial Edi Suharto, melalui Rilisnya kepada SINDOnews, Senin (16/4/2018).

Lebih lanjut kata dia,  Pemilihan lokasi di Kabupaten Jeneponto tidak lepas dari studi kelayakan yang sudah dilakukan berdasarkan kriteria tertentu. Selain itu juga, karena  potensi daerah itu sendiri.

"Dalam arti, dukungan dan komitmen dari internal pemerintah Kabupaten Jeneponto memang sangat terasa. Setelah kita pergi ke beberapa tempat ternyata  Jeneponto  memiliki komitmen  luar biasa. Dukungan juga datang dari pemerintah provinsi,” tambahnya.

Dia menambahkan, Dukungan pemerintah daerah penting, sebab program “Desaku Menanti”  didesain sebagai program  pengentaskan kemiskinan  dengan sinergitas antar lembaga.

“Jadi bagaimana mengatasi masalah “gepeng” bukan di kota, melainkan mengembalikan mereka ke desa,” katanya.

Setelah di desa, tentu harus ada persiapan kebutuhan dasar untuk mereka. “Dalam hal ini mereka perlu memiliki tempat hunian yang layak, perlu usaha ekonomi produktif. Nah inilah yang kita siapkan di sini,” kata Edi

Komitmen pemda dalam program ini di antaranya, menyediakan lahan, membantu mengawasi pelaksaaan program, kemudian juga penyediaan prasarana seperti listrik dan pendampingan.

halaman ke-1 dari 2
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
sindonews ads