Identitas Digital Mulai Diterapkan di Kota Parepare

Rabu, 22 Juni 2022 - 17:52 WIB
loading...
Identitas Digital Mulai Diterapkan di Kota Parepare
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Parepare, telah memberlakukan penerapan identitas digital bagi masyarakat Parepare. Foto: Istimewa
A A A
PAREPARE - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Parepare, telah memberlakukan penerapan identitas digital bagi masyarakat Parepare .

Penerapan identitas digital menggunakan sistem berbasis smartphone, sehingga penduduk yang ingin mengakses pelayanan publik di tempat lain, tidak perlu menggunakan fisik KTP-el dan Kartu Keluarga (KK) lagi.



Kadisdukcapil Parepare , Adi Hidayah Saputra mengatakan, penerapan identitas digital diberlakukan 20 Juni 2022. Terkait hal itu, Disdukcapil Parepare mengintenskan sosialisasi penerapan identitas digital ini pada masyarakat Parepare.

Sosialisasi, jelasnya, dipaparkan pada warga yang datang mengakses penerbitan dokumen Adminduk di Kantor Dinas Dukcapil Parepare maupun secara daring.

Dengan diberlakukannya identitas digital, kata Adi lagi, ke depannya fisik KTP-el dan KK tidak dibutuhkan lagi, karena semua dokumen Adminduk ada di dalam smartphone.

"Di lingkup Disdukcapil Parepare, saat ini seluruh pegawai sudah memiliki identitas digital di handphone mereka masing-masing," kata Adi.

Analis Kebijakan Ahli Muda Dinas Dukcapil Parepare, Andi Madeali mengatakan, penerapan identitas digital akan berlaku efektif dalam waktu dekat.

"Setelah sosialisasi pada warga terkait penerapan identitas digital ini, paling lambat akhir bulan Juni ini atau maksimal awal bulan Juli mendatang, kami sudah melayani permintaan penduduk Parepare yang ingin mengakses penerbitan identitas digital ini,’’ papar Madeali.

Mengsntisipasi terjadinya kerumunan warga saat melakukan pengurusan, tambah Madeali, akan ditetapkan jadwal pelayanan khusus penerbitan identitas digital bagi masyarakat Parepare.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)