TOPIK TERPOPULER

Balai POM Makassar Hadirkan 3 Inovasi Pelayanan

Alfiandis Nur Hidayat
Balai POM Makassar Hadirkan 3 Inovasi Pelayanan
Peluncuran tiga inovasi BPOM Makassar di Hotel Novotel, Makassar, Rabu 22 Juni 2022. Foto: SINDOnews/Alfiandis

MAKASSAR - Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kota Makassar menghadirkan tiga inovasi pelayanan. Inovasi ini merupakan program BPOM dalam memberikan edukasi makanan dan obat yang aman konsumsi.

Tiga inovasi itu adalah Pedang Puang Baso, Inovasi SAPPAI, serta Inovasi 1.000 Duta Ewako. Peluncuran tiga inovasi ini dilakukan di Hotel Novotel, Makassar, Rabu 22 Juni 2022.

Baca juga: Tim Gabungan Loka POM Gerebek Pabrik Mie Berformalin di Tasikmalaya



Pedang Puang Baso merupakan inovasi yang memberi pendampingan kepada para pelaku UMKM di bidang pangan, kosmetik dan obat tradisional. Pendampingan diberikan agar pelaku usaha dapat memperoleh izin edar produk. 

Kemudian, inovasi SAPPAI, memberikan edukasi bagi pelanggan, yang ingin melakukan pengujian pihak ketiga, agar sampai pada status ujinya, kemudian dapat diunduh dan mencetak sendiri sertifikat uji produk.

Adapun 1.000 Duta Ewako, merupakan upaya BPOM untuk mengajak siswa dan mahasiswa smemberikan komunikasi informasi dan edukasi tentang pangan dan kosmetik aman kepada masyarakat.

Kepala BBPOM Makassar, Hardaningsih, berharap inovasi yang dihadirkan ini dapat memberi kemudahan dan menghadirkan solusi bagi pelaku UMKM serta masyarakat di Sulsel.

Baca juga: BPOM Ungkap 2 Pabrik Tahu Berformalin di Bogor dengan Omzet Miliaran Rupiah

"Tentunya ke depan baik dari inovasi Duta Ewako ini untuk mendidik masyarakat terkait produk tidak aman, produk ilegal," ucap Hardaningsih, Rabu (22/6/2022).

Guna menyukseskan inovasi 1.000 duta ewako ini, BPOM meneken kerja sama dengan delapan universitas. Mahasiswa dari kampus tersebut akan diedukasi pentingnya pangan dan kosmetik aman. Diharapkan, mahasiswa dapat menjadi agen perubahan di lingkup masyarakat.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!