TOPIK TERPOPULER

Prof Karta Jayadi Dikukuhkan sebagai Guru Besar UNM

Tim SINDOnews
Prof Karta Jayadi Dikukuhkan sebagai Guru Besar UNM
Prof Dr Karta Jayadi dikukuhkan sebagai guru besar UNM Ballroom Teater Menara Pinisi UNM, Kamis (23/6/2022). Foto: Humas UNM

MAKASSAR - Prof Dr Karta Jayadi resmi menyandang status guru besar Universitas Negeri Makassar (UNM). Ia dikukuhkan sebagai guru besar di Ballroom Teater Menara Pinisi UNM, Makassar, Kamis (23/6/2022).

Prof Karta Jayadi yang juga Wakil Rektor II UNM dikukuhkan sebagai guru besar bidang Antropologi Seni. Dalam pidato pengukuhan, ia menyampaikan orasi ilmiah dengan tema “Revitalisasi dan Diversifikasi Seni Budaya Nusantara Menuju Indonesia Maju dan Berkarakter”.

Baca juga: UNM Tuan Rumah Rakenas Forum Wakil Rektor II se-Indonesia



Menurut Prof Karta Jayadi, ada dua startegi untuk menuju Indonesia maju dan berkarakter melalui seni dan budaya, yakni, revitalisasi dan diversifikasi.

“Revitalisasi seni budaya, merupakan upaya yang sistemik untuk mempertahankan dan mengukuhkan keberadaan potensi seni budaya agar memiliki daya tahan serta nilai adaptif untuk tetap terjaga sebagai identitas masyarakat, karena seni dan kebudayaan merupakan unsur penting dalam pembentukan karakter,” ungkapnya.

Sementara itu, diversifikasi menurutnya merupakan suatu hal yang tidak dapat dielakkan dalam upaya memelihara dan menumbuh kembangkan keberadaan seni budaya lokal. Sebagai bentuk upaya mengikuti perkembangan kehidupan manusia yang maju dan interaksi budaya yang demikian cair.

Ia juga mengatakan bahwa pengukuhan gelar ini merupakan penghargaan yang luar biasa, bukan hanya bagi diri dan keluarga, tapi demi kemajuan lembaga.

Rektor UNM, Prof Husain Syam dalam sambutannya mengatakan, orasi ilmiah yang disampaikan Prof Karta Jayadi mengingatkan bahwa seni merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam membangun karakter dan kemajuan bangsa Indonesia.

Baca juga: Buka Pertandingan Dies Natalis ke-61, Rektor UNM: Jadikan Momen Kebersamaan

Prof Husain pun menyampaikan selamat atas raihan guru besar ini. Ia berharap, Prof Karta Jayadi bisa terus berinovasi dan berkreasi demi kemajuan lembaga dan bangsa.



“Atas nama pribadi dan mewakili civitas akademika menyampaikan rasa hormat dan bangga kepada beliau, dan tentu keilmuan yang diperoleh selalu menujukkan karya-karya terbaik bagi bangsa,” ungkapnya.



(luq)

preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!