alexametrics
TOPIK TERPOPULER

Wow! Anggaran Pengawasan Proyek Metro Tanjung Bunga Rp1,18 M

Vivi Riski Indriani
Wow! Anggaran Pengawasan Proyek Metro Tanjung Bunga Rp1,18 M
Pemkot Makassar mengalokasikan anggaran sangat besar pada proyek pembangunan trotoar Metro Tanjung Bunga. Foto : SINDOnews/Doc

MAKASSAR - Pemkot Makassar mengalokasikan anggaran sangat besar pada proyek pembangunan trotoar Metro Tanjung Bunga. Tak hanya pada bangunan fisiknya, pengawasan proyek ini juga disiram anggaran fantastis hingga Rp1.18 miliar.

Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Makassar, Nirman Mungkasa berdalih, alokasi anggaran yang besar tersebut lantaran pembangunan trotoar Metro Tanjung Bunga memang adalah proyek besar. 

"Proyek ini fisiknya cukup besar, makanya pengawasannya pun cukup banyak," tukas Nirman kepada SINDOnews. Baca : Pemkot Lanjutkan Proyek Pembangunan Trotoar Metro Tanjung Bunga Senilai Rp100 M



Dia menjelaskan, pihak ketiga yang memenangkan proyek nantinya akan mengawasi pengerjaan kontruksi fisik hingga rampung. Jika ditemukan ada kesalahan oleh kontraktor maka pengawas wajib bertanggungjawab.

"Tanggung jawab pengawas (kalau ada kesalahan kontruksi). Tapi dilihat nanti kasusnya, apakah sudah ada surat teguran dan telah disampaikan ke dinas atau seperti apa," ujarnya.

Dia mengungkapkan saat ini proyek pembangunan trotoar Metro Tanjung Bunga sementara berproses. Khusus untuk paket pengawasan sudah memasuki proses tender di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Makassar. "Kontruksi fisiknya masih sementara dikaji," tambahnya.

Nirman mengungkapkan proyek ini cukup penting mengingat trotoar di kawasan tersebut belum memadai. Tidak ada akses bagi pejalan kaki.  Baca Juga : Pemkot Siapkan Rp100 Miliar untuk Bangun Trotoar Tanjung Bunga

Estetika kota terganggu padahal kawasan tersebut merupakan pintu gerbang sebelah Selatan Kota Makassar. "Kurang lebih 1,4 kilometer panjang jalan yang akan dibanguni dengan lebar 5 meter," pungkas Nirman.



(sri)

preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak