1.067 Peserta Ramaikan MTQ ke-32 Tingkat Provinsi Sulsel di Bone

Minggu, 26 Juni 2022 - 09:08 WIB
loading...
1.067 Peserta Ramaikan MTQ ke-32 Tingkat Provinsi Sulsel di Bone
Peserta Cabang Seni Kaligrafi Al-Quran berkompetisi pada MTQ Tingkat Provinsi Sulsel, berlangsung di Gedung Pemuda, Kabupaten Bone, Sabtu (25/6/22). Foto/Justang Muhammad
A A A
BONE - Sebanyak 1.067 peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tahun 2022 tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang berpartisipasi pada beragam cabang lomba di Kota Watampone mulai berkompetisi, Sabtu (25/6/2022).

Salah satunya Cabang Seni Kaligrafi Al-Qur'an yang perlombaannya berlangsung di Gedung Pemuda, Jalan Kawerang, Kabupaten Bone , Sabtu (25/6/22).



Ada sebanyak 42 peserta yang terdiri dari putra dan putri perwakilan dari 24 kabupaten. Lomba ini dinilai oleh 4 Dewan Hakim dengan krtiteria memenuhi unsur keindahan atau estetika, kehalusan, bentuk, irama, dan kaidah penulisan arab yang baku.

"Hari ini yang dinilai khusus tulisan saja, kami berikan waktu 8 jam tapi biasanya ada penambahan waktu, 1 atau 1 jam, jadi kemungkinan sampai pukul 5 sore," ungkap Ketua Dewan Hakim, Afifuddin.

Adapun ayat Al-Qur'an yang harus ditulis peserta lomba yaitu Surat Al-Maidah ayat 8 dan surat Al-Imron ayat 159. Peserta membawa kertas dan alat tulis sendiri dari rumah karena trik penulisan masing-masing peserta berbeda.

Menurut Dewan Hakim, peserta dibatasi hingga umur 33 tahun. Setiap peserta juga diberi peringatan untuk tidak membawa pola tulisan, tidak mengerjakan sebelum waktu dimulai dan tidak dituliskan, jika dilanggar, peserta bisa saja dikeluarkan oleh Dewan Hakim.

Sementara itu, khusus Musabaqah Fahmil Qur'an (MFQ), saat ini memasuki babak penyisihan di Gedung Lateariduni, kompleks Rumah Jabatan Bupati Bone .

Penanggung Jawab Hakim, H Rukman A Rahman menerangkan bahwa setiap tim terdiri dari tiga orang akan diadu kecerdasan dan pemahaman tentang ilmu agama dan Al-Quran. Peserta yang mengikuti MHQ ini dari 22 Kabupaten.

"22 kabupaten yang terdiri dari 3 peserta per kabupaten, jadi ada 66 peserta, dan yang akan ditentukan 3 tim untuk melaju ke final," terang pimpinan Ponpes Al-Ikhlas Ujung Bone ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1373 seconds (0.1#10.140)