Warga Kabupaten Wajo Pertanyakan Realisasi Program Air Layak Minum 24 Jam

Minggu, 26 Juni 2022 - 13:36 WIB
loading...
Warga Kabupaten Wajo Pertanyakan Realisasi Program Air Layak Minum 24 Jam
Program air layak minum 24 jam di Kabupaten Wajo belum terealisasi hingga saat ini. Foto/Ilustrasi
A A A
WAJO - Pelayanan Air PDAM di Kota Sengkang, Kabupaten Wajo , kembali dikeluhkan warga akibat sering macet atau tidak mengalir. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan air harian, sejumlah warga terpaksa harus membeli air.

Salah satu warga di Kecamatan Tempe, Mustakim mengatakan, persoalan air bersih di Kabupaten Wajo memang sudah sejak lama menjadi masalah klasik yang dihadapi warga. Namun sampai sejauh ini belum ada yang mampu menyelesaikan persoalan tersebut.

Dari 25 program yang dicanangkan Bupati dan Wakil Bupati Wajo, salah satunya menghadirkan air layak minum 24 jam untuk masyarakat. Namun hingga kini, program tersebut belum juga terealisasi.



"Tentu masyarakat telah cukup lama bersabar dan menanti terobosan pak Bupati dan Wakilnya untuk mewujudkan air layak minum 24 jam. Sebab Air PDAM sudah tidak bisa diharap lagi dalam memenuhi air warga," ujarnya kepada SINDOnews, Minggu (26/6/2022).

Menurut Mustakim, sistem jadwal bergilir (sehari mengalir dan sehari tidak) yang dilakukan PDAM Wajo dinilai masih tidak konsisten dengan dalih ketidakseimbangan antara produksi air dan jumlah pelanggan yang ada sekrang.

Melihat hal tersebut, seharusnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) mampu memberikan solusi agar kebutuhan air masyarakat dapat terpenuhi setiap harinya.

"Harusnya ada solusi jangka pendek dan solusi jangka panjang yang dihadirkan oleh pemerintah, namun sejauh ini hal itu belum terlihat," katanya.

Sementara, Direktur PDAM Kabupaten Wajo, Andi Dedy Ahmad Iqbal mengakui, PDAM Kabupaten Wajo belum mampu sepenuhnya memenuhi kebutuhan air masyarakat di Kabupaten Wajo , khususnya di Kota Sengkang.

Produksi air dan jumlah pelanggan yang dimiliki PDAM lagi-lagi menjadi alasan utama PDAM Wajo sehingga belum mampu memperbaiki pelayanan kepada masyarakat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3431 seconds (0.1#10.140)