alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Bawaslu : Keterlibatan Warga Pada Tahapan Pilkada Sangat Penting

Aris Bafauzi
Bawaslu : Keterlibatan Warga Pada Tahapan Pilkada Sangat Penting
Anggota Bawaslu RI, Ratna Dewi Pettalolo saat berikan pemaparan dan penjelasan terkait Pengawasan Pemilu. Foto: Aris Bafauzi/SINDOnews

ENREKANG - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia menggelar sosialisasi penguatan pemantau pemilu calon tunggal dalam pilkada Enrekang tahun 2018 di Resting House kecamatan Anggeraja Selasa, (17/04/2018).

Pada kesempatan itu, Ratna Dewi Pettalolo anggota Bawaslu menyatakan, penting dan perlunya keterlibatan masyarakat untuk ikut terlibat dalam mengantarkan proses demokrasi dalam perhelatan Pilkada berjalan dengan baik.

"Bukan sekedar menggunakan hak pilih. Tapi bagaimana masyarakat juga bisa ikut dan menyaksikan langsung orang lain saat memberikan hak suara sesuai aturan," ujar Ratna.

Ketidakpedulian masyarakat pada proses pemilihan justru akan membuka peluang bagi pihak tertentu melakukan kecurangan atau bertindak di luar aturan demi memenangkan pihak yang didukungnya.

"Jangan hanya ke tempat pemungutan suara, gunakan hak pilih setelah itu pulang. Mestinya masyarakat harus juga turut menyaksikan proses pemungutan suara. Jangan sampai terjadinya kecurangan baik oleh pihak tertentu atau penyelenggara. Jangan sampai setelah ada hasil, baru lakukan protes," tambahnya.

Masyarakat yang ingin terlibat dalam proses memantau Pilkada oleh KPU Enrekang melalui salah satu komisionernya Rahmawati Karim, menanggapi jika KPU Enrekang membuka pendaftaran bagi masyarakat yang ingin ikut terlibat menjadi pemantau pemilu.
Di mana kehadiran pemantau akan sangat bermanfaat dan membantu kerja penyelenggaraan dalam mewujudkan bersama Pilkada Enrekang yang berjalan sukses.

"Masih terbuka bagi yang ingin daftar jadi pemantau. Terbuka lebar, mari kita sama-sama menjaga dan memantau langsung proses Pilkada. Jadi tak mungkin mampu jika hanya penyelenggara yang punya amanah, kehadiran masyarakat sangat diharapkan." ujar Rahma.

Adapun wewenang pemantau pemilu dari masyarakat yang telah resmi mendaftar, yakni menentukan pilihan, pantau tahapan pemilu, laporkan tiap adanya pelanggaran, dan lakukan gugatan sengketa hasil yang hanya boleh dilakukan oleh pemantau resmi yang diakui KPU Enrekang.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
sindonews ads