alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Calon Gubernur Sulsel Harap Debat Kedua Lebih Berkualitas

Luqman Zainuddin
Calon Gubernur Sulsel Harap Debat Kedua Lebih Berkualitas
Empat pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Selatan, saat mengikuti debat kandidat tahap pertama. Foto: Maman Sukirman/SINDOnews

MAKASSAR - Pasangan calon (paslon) Gubernur dan wakil Gubernur Sulsel, akan kembali beradu gagasan dalam debat edisi kedua yang dihelat Kamis (19/04/2018) di Jakarta.

Meski berlangsung di tengah padatnya agenda kampanye serta mengambil lokasi di luar Sulsel, namun paslon tampaknya tidak punya beban berarti. Bahkan, mereka mengaku santai, dan belum ada persiapan khusus jelang berlangsungnya debat. Tapi sama-sama berharap debat kedua lebih berkualitas.

Calon gubernur Sulsel nomor urut 1 Nurdin Halid (NH) misalnya. Ketua DPD Golkar Sulsel ini memaparkan, bahwa dia dan pasangannya tidak melakukan persiapan khusus. Sebab, debat menurut dia sama saja dengan kampanye pada umumnya.

"Tidak ada persiapan khusus, seperti biasa saja. Ini bagian upaya untuk meyakinkan masyarakat terkait misi dan visi kita. Saya yakinkan bahwa visi misi NH-Aziz lah yang paling pantas diterima," ujar NH saat ditemui di ruang pola kantor Gubernur Sulsel.

Soal tema debat, peningkatan pelayanan publik dan pelayanan sosial yang berkeadilan dan bermartabat, NH menyambutnya dengan baik. Sebab, sedikit banyak, programnya didominasi mengenai pelayanan publik.

"Tema debat itu sangat bagus, pelayanan publik itu mengandung makna yang sangat luas. Tidak boleh ada aturan yang menghambat publik untuk terciptanya Sulsel yang lebih religius," tutur NH.

Hanya memang, NH berharap debat tersebut bisa berjalan lebih baik lagi dari sebelumnya. Bagi ketua Koperasi Indonesia ini, debat seharusnya tidak dipersepsikan sebagai arena layaknya ujian skripsi mahasiswa.

"Debat bukan seperti ujian kompetensi seperti mahasiswa yang ingin meraih doktornya atau sarjananya. Tapi Perdebatan tentang pengayaan terkait visi misi program sehingga masyarakat tahu bahwa program tersebut bisa bermanfaat untuk 5 tahun kedepan," pungkas NH.

Harapan sama diungkapkan Cagub nomor 3 Nurdin Abdullah. Bupati Bantaeng dua periode ini yang juga ditemui di ruang pola ruang pola kantor Gubernur Sulsel, bahkan meminta agar debat nanti tidak saling menyerang personal kontestan satu sama lain.

"Debat sangat penting untuk memberikan pencerahan pada bangsa, tinggal bagaimna debat dikelolah agar memiliki manfaat bagi seluruh masyarakat Sulsel. Dalam debat melakukan pendalaman program, dari pada menyeroti person," tutur Nurdin Abdullah.

"Mari kita jual ide, dan gagasan dan bangun bersama. Apalagi temanya pelayanan publik yang betkaitan dengan sosial, kesehatan, agama, dan pendidikan. Saya kira bagus," sambung Nurdin Abdullah.

Terakhir, ia yang maju berpasangan dengan Sudirman Sulaiman ini juga menyebut tidak mempunyai persiapan khusus sebelum debat. "Kita sudah ada pengalam 10 tahun, tinggal penguatan lagi," singkat Nurdin Abdullah.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
sindonews ads