alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Transisi Komisioner KPU Sulsel Buat Soni Sumarsono Khawatir

Luqman Zainuddin
Transisi Komisioner KPU Sulsel Buat Soni Sumarsono Khawatir
Pejabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono ditemani Ketua KPU Sulsel Iqbal Latief saat berada di sekretariat KPU. Foto: Istimewa

MAKASSAR - Proses transisi komisioner KPU Sulsel yang saat ini memasuki tahap seleksi proper tes dan uji kepatutan turut menyita perhatian Penjabat Gubernur Sulsel Sumarsono. Ia khawatir dengan transisi yang berlangsung di tengah tahapan.

"Saya sangat worry atas pergantian kepengurusan KPU dari yang baru. Karena ini sulit, Juni sudah Pilkada (pemilihan kepala daerah) dan Mei (komisioner terpilih baru belajar," kata Soni Sumarsono saat berada di KPU Sulsel. 

Olehnya itu, dia mendorong agar KPU RI bisa memberi prioritas kepada komisioner lama agar bisa diterima kembali. Sekadar diketahu, dari 14 nama calon komisioner saat ini, 3 diantaranya komisioner petahana. Masing-masing Mardiana Rusli, Faisal Amir, dan Misna M Attas.

"Mudah-mudahan, minimal separuh KPU yang lama masih bisa bertahan supaya ini nyambung. Tapi, saya tidak mau intervensi KPU. Paling tidak kan, yang lama bisa jadi ketua," tambahnya.

Hal ini kata Soni perlu untuk didorong pemerintah. Sebab di tingkat nasional pun, sudah ada percontohan. Dimana, beberapa diantaranya merupakan petahana. Keberadaan petahana, menurut dia, sedikit banyak bisa memberikan jaminan pada pelaksanaan Pilkada.

"Mau tidak mau kita dorong ke arah sana, karena kita punya kepentingan. Karena kalau baru semua, pemerintah juga kelabakan. Makanya kita sepakat di nasional, KPU-nya juga kita ambil satu dua dari yang lama," sambung dia.

Soni menjelaskan, bahwa Pilkada kali ini harus berjalan sebagaimana yang diharapkan. Sementara, yang memberi jaminan tersebut adalah penyelenggara. "Kalau yang baru riskan sekali. Ini pertaruhan Sulsel," pungkasnya.

Seleksi tahap terakhir ini dijadwalkan berlangsung pada 18-21 April di Makassar. Bertindak sebagai tim seleksi, adalah dua orang anggota KPU RI Ilham Saputra dan Ibu Evi Novida Ginting.

"Mereka datang tanggal 18 April, Lokasi tesnya di Grand Clarion Hotel and Convention," ujar kaubag SDM KPU Sulsel yang menjadi kelompok kerja (Pokja) di Timsel, Edi Rahmatullah.



(agn)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
sindonews ads