TOPIK TERPOPULER

Kalapas-Karutan di Sulsel Diminta Wujudkan Layanan WBP Bebas Pungli

Tim SINDOnews
Kalapas-Karutan di Sulsel Diminta Wujudkan Layanan WBP Bebas Pungli
Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak, memberikan arahan saat memimpin apel bersama 5 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Lapas Watampone. Foto/Dok Kemenkumham Sulsel

BONE - Kakanwil Kemenkumham Sulsel, Liberti Sitinjak, meminta Kalapas dan Karutan di wilayahnya untuk pengawasan melekat terhadap jajarannya. Hal itu demi mewujudkan pelayanan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang bebas dari pungutan liar (pungli).

Hal ini disampaikan Liberti dalam arahannya saat memimpin apel bersama 5 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Lapas Watampone. UPT dimaksud yakni Lapas Watampone, Rutan Sengkang, Rutan Sinjai, Rutan Watansoppeng, dan Bapas Watampone.

Baca Juga: Kemenkumham Sulsel Beberkan Hasil Pemeriksaan Dugaan Pungli di Lapas Takalar

Menurut Liberti, pengawasan melekat yang dimaksud yaitu pengawasan yang dilakukan langsung oleh Kepala UPT kepada jajarannya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi utamanya, yakni pelayanan kepada WBP yang bebas dari pungli.

"Laksanakan tugas dan fungsi tanpa adanya pungutan liar kepada WBP," ungkap Liberti.

Ia juga meminta jajarannya untuk menjaga nama baik Kemenkumham, dengan melaksanakan tugas dan fungsi dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang ada.

Kegiatan ini turut dirangkaikan dengan penyerahan surat keputusan kenaikan pangkat kepada 90 pegawai terdiri dari Lapas Watampone 31 Orang, Bapas Watampone 16 Orang, Rutan Sengkang 19 Orang, Rutan Watansoppeng 14 Orang, dan Rutan Sinjai 10 Orang.

"Selamat kepada para pegawai yang mendapat SK kenaikan pangkat dan diharapkan menjadi motivasi untuk bekerja dengan profesional serta terus tingkatkan layanan kepada WBP," pesan Liberti.

Ia juga meminta agar 5 UPT tersebut dapat mewujudkan Reformasi Birokrasi dengan melakukan perubahan Mindset (Pola Pikir) dan Culture Set (Budaya Kerja). "Kata kunci dalam pembangunan Reformasi Birokrasi yakni hospitality (sikap keramah tamahan) dan bukan pada Lip Service (hanya ramah di mulut saja)," tuturnya.

Baca Juga: Kemenkumham Sulsel Dorong Pembangunan Zona Integritas

Kegiatan ini turut dihadiri Kadiv Administrasi Sirajuddin, Kadiv Pemasyarakatan Suprapto, Kadiv Keimigrasian Jaya Saputera, Kalapas Watampone Saripuddin Nakku, Karutan Sengkang Sahril Effendi, Karutan Sinjai Muhammad Ishak, Plt. Karutan Watansoppeng Rusdi, dan Plt Kabapas Watampone Marwati.

Liberti juga pada kesempatan ini meninjau blok hunian WBP dan dapur Lapas Watampone. Ia menekankan agar Blok dan Dapur Lapas agar tetap bersih.



(tri)

TULIS KOMENTAR ANDA!